Pemasaran merupakanaktivitas menawarkan dan menjual produk ataumedia yang biasanya digunakan oleh seorang atau sekelompok pelaku usaha sebagai wadah untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat. Sehingga usaha yang sedang dijalankan dan produk yang dijual dapat semakin dikenal dan menarik minat calon pembelinya, sehingga dapat terjadi proses jual beli.Pemasaran ini bukan hanya sekedar proses mengenalkan dan menawarkan produk kepada konsumen, namun juga merupakan aktivitas untuk menganalisa dan mengevaluasi mengenai kebutuhan dan keinginan pasar. Definisi Pemasaran(Marketing)menurut Kotler & Keller(2015)yang dikutip oleh Wijoyo et al(2020:6)adalah “Mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Dimana salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran yaitumemenuhi kebutuhan dengancara yang menguntungkan.”
Pemasaran menurut Sari et al(2021:7)merupakan “Konsep kompleks yang digunakan untuk membuat rencana tindakan komprehensif untuk menciptakan kesadaran tentang bisnis, meningkatkan basis pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mempromosikan produk dan merekserta membangun brand.”Marketingmenurut Shinta (2011)yang dikutip oleh Sabila & Amalina (2020:1)mengatakan :“Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar