Terdapat berbagai media yang dapat digunakan dalam melakukan digital marketing, media ini sebagai wadah dimana produk yang telah dipromosikan dapat ditemukan dan dijumpai oleh masyarakat khususnya calon konsumen. Saluran –saluran dalammediadigital(digital media channels)menurut Putri et al (2021:98)ini diantaranya yaitu :a.Search Engine Marketing(SEM)Penggunaan iklan yag dilakukan secara online pada halaman search engineatau mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website produk pemasar,dengan menempatkan pesan di mesin pencari untuk mendorong klik-tayang ke situs web ketika konsumen mengetikkan frase kata kunci tertentu. Terdapat dua cara dalam saluran Search Engine Marketing(SEM) yaitu penempatan berbayar atau tautan bersponsor menggunakan sistem pay-per-click(PPC) dan penempatan dalam daftar utama dengan pengoptimalan mesin pencari atau search engine optimation(SEO).b.Online PRatau Public RelationMengoptimalkan interaksi yangdapatmenguntungkan merek, produk atau situs web perusahaan menggunakan situs seperti jejaring sosial atau blog yang dikunjungi oleh target audiens perusahaan.c.Online PartnershipSeperti Mmmbentuk dan mengatur pengaturan jangka panjang dalam mempromosikan layanan online suatu perusahaan di situs web melalui komunikasiemail. Kerjasama lainnya yaitu dalam hal membangun tautan, pemasaran afiliasi, agregat seperti situs sponsor online, perbandingan harga dan co-branding.
d.Interactive Advertising(Iklan Online)Berupa spanduk (banner) dan iklan multimedia untuk mencapai kesadaran merek dan mendorong konsumen untuk melakukan clickthroughke situs pemasar.e.Opt-In Email Marketing Penggunaan daftar internal untuk melakukan komunikasi, aktivasi dan mempertahankan pelanggan. Cara ini dilakukan dengan menambah daftar kontak dalam email marketing, sehingga pelanggan yang telah melakukan regristrasi dan menyetujui aktivasi akan mendapatkan email rutin seputar paket promosi produk atau jasa perusahaan.f.Social Media Marketing Media sosial merupakan media yang didesain untuk memudahkan interaksi sosial secara dua arah. Media sosial menjadi kategori yang penting dalam pemasaran digital. Dalam hal ini, pemasaran digitalmendorong dan melibatkan komunikasi pelanggan di situs perusahaan menggunakan facebook, twitter, instagram, dan situs media sosial lainnya. Perusahaan dapat memposting informasi mengenai produk atau jasa secara rutin agar dapatditerima oleh konsumen. Media sosial saat ini memiliki kekuatan besar bagi kegiatan pemasaran, karena penyebaran informasi di media sosial cukup cepat dan strategis. Memungkinkan suatu hal menjadi viral, terkenal dan diminati masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar