Kinerja pemasaran merupakan ukuran prestasi yang diperoleh dari aktifitas proses pemasaran secara menyeluruh dan sebuah perusahaan atau organisasi. Selain itu kinerja pemasaran juga dapat dipandang sebagai konsep yang digunakan untuk mengukur sejauh mana prestasi pasar yang telah dicapai oleh suatu produk yang dihasilkan perusahaan. Menurut Ferdinand (2000) menyatakan bahwa kinerja pemasaran merupakan factor yang sering kali digunakan untuk mengukur dampak dari strategi yang diterapkan perusahaan. Strategi perusahaan selalu diarahkan untuk menghasilkan kinerja pemasaran (seperti volume penjualan dan tingkat pertumbuhan penjualan) yang baik dan nuga kinerja keuangan. Selanjutnya menurut Ferdinan menyatakan bahwa kinerja pemasaran yang baik dinyatakan dalam tiga besaran utama yaitu nilai penjualan, pertumbuhan penjualan, dan porsi pasar.Kotler (2012)berpendapat bahwa kinerja pemasaran berkaitan dengan memahami, menciptakan, mengkonsumsikan, dan memberikan nilai kepadaa konsumen adalah inti dari pemasaran modern, jadipemasaran bisa dikatakan sebagai proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk memberikan laba. Seorang marketingtidak boleh hanya memikirkan jumlah produk yang terjual, keuntungan yang dihasilkan, laba penjualan dan komisi yang akan diperoleh.
MenurutWahyono (2002) menjelaskan bahwa pertumbuhan penjualan akan bergantung pada berapa jumlah pelanggan yang telah diketahui tingkat konsumsi rata-ratanya yang bersifat tetap. Nilai penjualan menunjukkan berapa rupiah atau berapa unit produk yang berhasil dijual oleh perusahaan kepada konsumen atau pelanggan. Semakin tinggi nilai penjualan mengidentifikasikan semakin banyak produk yang berhasil dijual oleh perusahaan. Sedangkan porsi psar menujukkan seberapa besar kontribusi produk yang dditangani dapat menguasai pasar untuk produk sejenis dibandingkan para competitor.Menurut Ferdinan (2011) indikator Kinerja pemasaran dapat diukur dengan menggunakan pertumbuhan penjualan, pertumbuhan pelanggan dan keberhasilan produk.1.Pertumbuhan penjualanMenurut Amstrong (2005) pertumbuhan penjualan dapat diartikan sebagai Perubahan penjualan per tahun. Pertumbuhan penjualan suatu produk sangat tergantung dari daur hidup produk.2.Pertumbuhan pelangganPertumbuhan dari pihak yang memakai nilai, mereka membentuk harapan akannilai (Hurriyati, 2005)3.Keberhasilan produk Produk yang sukses atau berhasil dapat diukur melalui tingkat kesuksesan produk tersebut di pasaran. Tingkat kesuksesan produk merupakan seberapa jauh tumbuhnya minat beli, prioritas produk yang dibeli dan keputusan konsumen untuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar