Sabtu, 24 Desember 2022

Keterkaitan Inovasi produk dan Kreatifitas Terhadap Keberhasilan Usaha (skripsi, tesis, dan disertasi)

 Menurut Baldacchino (2009:78) menyatakan bahwa inovasi produkadalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Menurut Lambing (2000:23) untuk menjadi manajer yang berhasil, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah memilki jiwa dan watak seorang manajer yan baik. Seorang manajer adalah seseorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Ia adalah seseorang yang memilki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda atau kemampuan kreatif dan inovatif. Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up), kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemauan dan kemampuan untuk mencari peluang (oppertunity), kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing) dan kemampuan untuk mengembangkan ide dan sumber daya. Kemauan dan kemampuan-kemampuan tersebut diperlukan terutama untuk: 1) Menghasilkan produk atau jasa baru (the new product or new service), 2) Menghasilkan nilai tambah baru (the new value added), 3)Merintis usaha baru (new businesess), 4) Melakukan proses/teknik baru(the new technic), dan 5) Mengembangkan organisasi baru (the new organization)

Tidak ada komentar: