nnovativeness berarti organisasi bersedia untuk mengejar ide dan konsep baru dalam proses, produk, atau pengembangan layanan. Proaktif mengacu pada organisasi dengan karakteristik yang berwawasan ke depan dan responsifdalam lingkungan industri yang terlibat(Green, Covin, & Slevin, 2008). Dari perspektif makro, 'innovativeness' adalah kapasitas inovasi baru untuk menciptakan perubahan paradigma dalam sains dan teknologi dan / atau struktur pasar dalam suatu industri. Dari perspektif mikro, 'innovativeness' adalah kapasitas dari inovasi baru untuk memengaruhi sumber daya pemasaran, sumber daya teknologi, keterampilan, pengetahuan, kemampuan, atau strategi perusahaan(Garcia & Calantone, 2002).Innovativenessmenyimpulkan kesediaanuntukproaktif dalam melepaskan kebiasaan lama dan untuk mencoba ide-ide eksperimental dengan mencari peluang baru daripada mengambil keuntungan dari kekuatan saat ini(Panayides & Lun, 2009).Inovasi sering dikaitkan dengan produk baru, temuan baru,atau invensi, teknologi baru, cara baru, model baru, aroma baru, kemasan baru, dan hal-hal lain yang baru. Inovasi sebagai keberhasilan ekonomi berkat adanya pengenalan cara baru atau kombinasi baru dari cara-cara lama dalam mentransformasiinputmenjadi output (teknologi) yang menghasilkan perubahan besar atau drastis dalam perbandingan antara nilai guna yang dipersepsikan oleh konsumen atas manfaat suatu produk (barang dan/atau jasa) dan harga yang di tetapkan oleh produsen. Inovasi yang berhasil adalah inovasi yang menciptakan nilai besar untuk konsumen, untuk komunitas, dan lingkungan pada saat yang sama.Inovasi tidak saja berarti “kebaruan” atau sesuatu yang baru, barang dan/atau jasa baru atau sistem produksi baru atau cara memasarkan yang baru; “kebaruan” itu perlu disertai dengan dampak positif bagi konsumen dan produsen; “kebaruan” itu harus menciptakan nilai guna bagi konsumen dan nilai tambah bagi produsen; “kebaruan” yang menghasilkan kesuksesan ekonomi dan social,pada konteks inovasi dan penciptaan nilai tingkat individu, organisasi, dan masyarakat (society). Perusahaan berinovasi untuk meciptakan relasi antara nilai guna dan harga nilai (nilai moneter) yang lebih tinggi atas produk yang di hasilkannya bagi konsumen (consumers) dan/atau pengguna (users) yang ditargekan, yang pada akhirnya produk tersebut tidak hanya akan bermanfaat bagi konsumen dan/atau pengguna tetapi juga bagi produsen. Secara singkat inovasi adalah pengenalan cara-cara baru atau kombinasi baru dari cara-cara lama dalam mentransformasi input menjadiouput sehingga menghasilkan perubahan besar dalam perbandingan antara nilai guna dan harga yang ditawarkan kepada konsumen dan/atau pengguna. Inovasi harus berhasil menciptakan nilai (yang dipersepsikan konsumen dan/atau pengguna) yang lebih tinggi daripada harga yang harus dibayar konsumen atau pembeli (Fontana, 2011).Wawancara yang dilakukan oleh (Sawhney, Wolcott, & Arro, 2006)pada manajer inovasi di sejumlah perusahaan besar, dan mereka mengembangkan kuesioner survei yang dikirim ke 19 perusahaan. Menganalisis data ini, mereka memperoleh 'radar inovasi' untuk mewakili 12 dimensiinovasi bisnis yang mereka identifikasi. Definisi mereka tentang 'inovasi bisnis' tidak berfokus pada hal-hal baru, melainkan apa pun yang menciptakan nilai baru bagi pelanggan. Oleh karena itu menciptakan hal baru tidak perlu atau tidak cukup untuk penciptaan nilai tersebut. Sebagai gantinya, mereka mengusulkan pendekatan sistematis untuk inovasi bisnis, yang mana terjadi dalam 12 dimensi berbeda:1.Offerings, Penawaran adalah produk dan layanan perusahaan. Inovasi sepanjang dimensi ini membutuhkan penciptaan produk dan layanan baru yang dihargai oleh pelanggan.2.Platform, platform adalah seperangkat komponen umum, metode perakitan atau teknologi yang berfungsi sebagai blok bangunan untuk portofolio produk atau layanan. Inovasi platform melibatkan pengeksploitasian "kekuatan kesamaan" -menggunakan modularitas untuk membuat serangkaian penawaran turunan yang lebih cepat dan murah daripada jika mereka merupakan barang yang berdiri sendiri.3.Solutions, Solusi adalah kombinasi produk, layanan, dan informasi yang disesuaikan dan terintegrasi yang memecahkan masalah pelanggan. Inovasi solusi menciptakan nilai bagi pelanggan melalui berbagai macam dan kedalaman integrasi berbagai elemen.4.Customers, Pelanggan adalah individu atau organisasi yang menggunakan atau mengkonsumsi penawaran perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Untuk berinovasi sepanjang dimensi ini, perusahaan dapat menemukan segmen
pelanggan baru atau mengungkap kebutuhan yang tidak terpenuhi (dan terkadang tidak diartikulasikan).5.Customer Experience, Dimensi ini mempertimbangkan segala hal yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dialami oleh pelanggan saat berinteraksi dengan perusahaan setiap saat. Untuk berinovasi di sini, perusahaan perlu memikirkan kembali antarmuka antara organisasi dan pelanggannya.6.Value Capture, Pengambilan Nilai mengacu pada mekanisme yang digunakan perusahaan untuk merebut kembali nilai yang diciptakannya. Untuk berinovasi sepanjang dimensi ini, perusahaan dapat menemukan aliran pendapatan yang belum dimanfaatkan, mengembangkan sistem penetapan harga baru dan sebaliknya memperluas kemampuannya untuk menangkap nilai dari interaksi dengan pelanggan dan mitra.7.Processes, Proses adalah konfigurasi kegiatan bisnis yang digunakan untuk melakukan operasi internal. Untuk berinovasi sepanjang dimensi ini, perusahaan dapat mendesain ulang prosesnya untuk efisiensi yang lebih besar, kualitas lebih tinggi, atau waktu siklus yang lebih cepat. Perubahan tersebut mungkin melibatkan memindahkan proses atau memisahkan front-enddari backendnya.8.Organization, Organisasi adalah cara di mana perusahaan menyusun dirinya, kemitraannya, dan peran serta tanggung jawab karyawannya. Inovasi organisasi sering melibatkan memikirkan kembali ruang lingkup kegiatan perusahaan serta mendefinisikan kembali peran, tanggung jawab dan insentif dari berbagai unit bisnis dan individu.
9.Supply Chain, Rantai pasokan adalah urutan kegiatan dan agen yang memindahkan barang, layanan dan informasi dari sumber ke pengiriman produk dan layanan. Untuk berinovasi dalam dimensi ini, perusahaan dapat merampingkan aliran informasi melalui rantai pasokan, mengubah strukturnya atau meningkatkan kolaborasi para pesertanya.10.Presence, Points of presenceadalah saluran distribusi yang digunakan perusahaan untuk membuat penawaran ke pasar dan tempat-tempat di mana penawarannya dapat dibeli atau digunakan oleh pelanggan. Inovasi dalam dimensi ini melibatkan penciptaan titik kehadiran baru atau menggunakan yang sudah ada dengan cara-cara kreatif.11.Networking, Sebuah perusahaan dan produk serta layanannya terhubung ke pelanggan melalui jaringan yang terkadang dapat menjadi bagian dari keunggulan kompetitif perusahaan. Inovasi dalam dimensi ini terdiri dari peningkatan jaringan yang meningkatkan nilai penawaran perusahaan.12.Brand, Merek adalah simbol, kata atau tanda yang melaluinya perusahaan mengomunikasikan janji kepada pelanggan. Untuk berinovasi dalam dimensi ini, perusahaan memanfaatkan atau memperluas mereknya dengan cara-cara kreatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar