Rabu, 21 Desember 2022

Definisi dan Pengertian Kualitas (skripsi, tesis, dan disertasi)

Kualitas ditentukan oleh pelanggan, pelanggan menginginkan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan harapanya pada suatu tingkat harga tertentu yang menunjukkan nilai produk tersebut (Scherkenbach, 2000). Kualitas adalah sesuatu yang berbeda untuk orang yang berbeda dan tergantung pada waktu dan tempat, atau dikatakan sesuai dengan tujuan (Elliot, 2003). Pengertian kualiatas atau mutu secara umum adalah suatu strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen internal dan eksternal. Produk atau jasa yang berkualitas adalah : •Bila produk atau jasa tersebut memenuhi atau bahkan melampaui harapan konsumen bukan saja satu kali tapi berulang kali. •Memberikan kepuasaan kepada pelanggan. Mengapa kualitas dibutuhkan ? •Konsumen menjadi lebih canggih dalam selera dan pilihan. •Kompetisi persaingan menjadi lebih ketat dan canggih. •Kenaikan biaya yang hanya dapat diatasi lewat perbaikan kualitas proses dan peningkatan produktivitas tanpa henti. •Krisis Ada beberapa faktor cara memuaskan pelanggan yakni dengan ; (1) Produk bermutu (Quality Product)- Q, (2) Biaya yang lebih rendah (Lower Cost)-C (3) Tepat waktu (On Time Delivery)- D

Tidak ada komentar: