Peran shadow teacheradalah untuk memberikan dukungan tambahan sepanjang hari di sekolah baik secara akademis maupun psikologis kepada anak yang
membutuhkan dukungan tambahan. Shadow teachermendukung anak didik dalam banyak hal, diantaranya mengisi kesenjangan yang ada dalam proses belajar, membantu anak didik untuk membangun kepercayaan dirinya, meningkatkan interaksi antara anak, guru, dan teman-teman kelasnya, dan memastikan agar anak didik tetap fokus saat dikelas(Rahayu, 2017: 294).Shadow teacherjuga membantu anak untuk siap dan terorganisir saat dikelas, membantu anak dengan pendekatan belajar yang dibutuhkan, dan selalu mengingatkan untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berkomitmen. Menurut American Community School(2018), anak didik akan mendapatkan manfaat dari shadow teacherkarena :1.Anak mengikuti instruksi dan interaksi kelas reguler dengan teman-temannya.2.Anak akan belajar untuk membangkitkan kekuatannya, bukan kelemahannya.3.Anak menerima pengayaan pendidikan.Peran shadow teacherdi ruang kelas adalah membantu anak :1.Agar tetap fokus;2.Berpartisipasi dengan baik saat di kelas;3.Beri tahu guru jika dia tidak memahami materi;4.Berfungsi dalam lingkungan di mana ada banyak gangguan;5.Bersikap positif dalam pendekatannya terhadap tugas-tugas baru; dan membantu anak untuk mendapatkan kendali diri.
6.Meningkatkan komunikasi dengan mempertahankan kontak mata;7.Mendorong anak untuk meminta bantuan dari gurunya dan teman-temannya;8.Berbagi minat khusus dengan teman-teman;9.Membantu anak untuk merespon dengan tepat kepada teman-teman sekelasnya dalam situasi sosial;10.Melihat bahwa anak memuji teman-temannya saat yang tepat;11.Mendorong anak untuk memulai diskusi dengan teman-temannya;12.Mendorongnya untuk mempelajari minat teman-teman sekelasnya.Shadow teacherdapat meningkatkan kualitas anak dalam pengalaman belajar di kelas, membantu anak dalam hal komunikasi, berpartisipasi di kelas, sosialisasi, menunjukkan sopan santun kepada orang lain dan mengontrol perilakunya. Shadow teachermembantu anakberkebutuhan khusus untuk belajar lebih mandiri. (American Community Schools, 2018).Untuk tampil efektif sebagai shadow teacher, Kilduff (2002 dalam Manansala &Dizon,2008: 36)mengatakan bahwa seorang shadow teacherharus memiliki: (1) pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam manajemen perilaku atau terapi analisis perilaku terapan; (2) pengalaman bekerja dengan anak-anak berkebutuhan khusus; (3) kemampuan untuk mendorong atau meningkatkan asosiasi dan permainan teman sebaya; (4) kemampuan untuk mengenali peluang ketika anak dapat mandiri dalam melakukan kegiatan atau ketika ia perlu didorong; (5) kemampuan untuk mengetahui berapa banyak dorongan yang dibutuhkan oleh anak khusus; (6) kemampuan untuk mempromosikan komunikasi dengan guru reguler
dan teman sekelas anak; dan (7) kemampuan beradaptasi di kelas sambil mengawasi anak dengan cermat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar