Berikut ini adalah beberapa peran selebriti sebagai model iklan yang bisa
digunakan perusahaan dalam sebuah iklan (Schiffman dan Kanuk dalam Mahestu
Noviandra, 2006:65-74):
1. Testimonial, jika secara personal selebriti menggunakan produk tersebut maka
pihak dia bisa memberikan kesaksian tentang kualitas maupun benefit dari produk atau merek yang diiklankan tersebut.
2. Endorsement, ada kalanya selebriti diminta untuk membintangi iklan produk
dimana dia secara pribadi tidak ahli dalam bidang tersebut.
3. Actor, selebriti diminta untuk mempromosikan suatu produk atau merek
tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam suatu program
tayangan tertentu.
4. Spokeperson, selebriti yang mempromosikan produk, merek atau suatu
perusahaan dalam kurun waktu tertentu masuk dalam kelompok peran
spokeperson. Penampilan mereka akan diasosiasikan dengan merek atau
produk yang mereka wakili.
penggunaan selebriti sebagai bintang iklan diyakini memiliki daya tarik
tersendiri. selain memiliki keuntungan publisitas dan kekuatan memperoleh
perhatian dari konsumen, selebriti juga mempunyai kekuatan untuk dijadikan
sebagai alat untuk membujuk, merayu, serta mempengaruhi konsumen sasaran ,
yaitu dengan ketenaran yang dimilikinya . dengan memanfaatkan ketenaran
tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian
terhadap produk yang diiklankannya.
Penggunaan selebriti sebagai bintang iklan juga memiliki peranan yang
penting dalam membentuk personality merek (brand personality) pada sebuah
produk. Bagi perusahaan , personality merek ini sangatlah penting untuk
membedakannya dengan merek lain . Personaliti yang demikian oleh selebriti
harus di sesuaikan dengan image produk yang diiklankan dan kemudian
personality tersebut di transfer ke dalam merek produk yang diiklankan sehingga konsumen sadar akan keberadaan dari merek tersebut .Selain itu, diharapkan pula
dengan dibentuknya personality merek pada sebuah produk dapat membantu
perusahaan dalam meningkatkan kinerja merek produk tersebut di pasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar