Menurut Shimp, (2003:459), endorser adalah pendukung iklan atau yang
dikenal juga sebagai bintang iklan untuk mendukung suatu produk. Sedangkan
23
selebriti adalah tokoh (actor,penghibur atau atlet) yang terkenal atau dikenal
karena prestasinya dalam bidang – bidang yang berbeda dari produk yang di
dukungnya (shimp, 2003:460). Selebriti dipandang sebagai individu yang
disenangi oleh masyarakat dan memiliki keunggulan atraktif yang
membedakannya dari individu lain. Para ahli mengemukakan pengertiannya
mengenai celebrity endorser, yaitu :
Suryadi (2006) mendefinisikan bahwa :
Endorser adalah icon atau sering disebut juga sebagai direct source
(sumber langsung) untuk mengantarkan sebuah pesan dan atau
memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi yang
bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk.
Shimp (2003:460) berpendapat bahwa :
Celebrity Endorser adalah menggunakan artis sebagai bintang iklan di
media – media, mulai dari media cetak, media social , maupun media
televise. Selain itu selebriti digunakan karena atribut kesohorannya
termasuk ketampanan, keberanian, talenta, keanggunan, kekuatan, dan
daya tarik seksualnya yang sering mewakili daya tarik yang diinginkan
oleh merek yang mereka iklankan.
Sonwalkar,et al (2011) menyebutkan bahwa :
endorsement adalah sebuah bentuk komunikasi dimana seorang celebrity
bertindak sebagai juru bicara dari seuah produk atau merek tertentu.
Kata – kata yang diucapan dan bahkan terkadang hanya charisma dari
seorang selebrity mampu mempengaruhi seseorang untuk berhenti dan
mengarahkan perhatian kepadanya. Shimp menyatakan bahwa sekarang ini
banyak konsumen yang mudah mengidentifikasi diri dengan para bintang ini,
sering kali dengan memandang mereka sebagai pahlawan atas prestasi, kepribadian, dan daya tarik fisik mereka . Kemungkinan sebanyak ¼ dari semua
iklan menggunakan selebriti. (Shimp, 2003 :460)
Alasan yang menyebabkan selebriti sangat diminati oleh produsen untuk
mengiklankan produknya adalah karena pesan yang di sampaikan oleh sumber
yang menarik (kaum selebriti yang sedang populer) akan mendapat perhatian yang
lebih besar disamping akan sangat mudah diingat (Royan 2004:2). Menurut
Sumarwan (2004:258) pembelian produk dan jasa serta pemilihan merek , para
selebriti bisa memiliki pengaruh kuat terhadap konsumen . selebriti bisa menjadi
alat pemasaran suatu produk yang sangat penting , daya tariknya yang luar biasa
dan memiliki penggemar yang banyak bisa menjadi hal yang tidak dimiliki orang
lain . selebriti memiliki inner beauty, charisma dan kredibilitas.
Berdasarkan tiga pengertian celebrity endorser menurut para ahli di atas
dapat di simpulkan bahwa celebrity endorser adalah penggunaan icon orang –
orang terkenal seperti artist dan bintang iklan lainnya yang memiliki pengaruh
langsung dan kuat serta menggunakan atribut kesohoranya tersebut untuk menarik
konsumen melakukan pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar