Sabtu, 12 November 2022

Pengertian Celebrity Endorser (skripsi, tesis, disertasi)

Menurut Shimp, (2003:459), endorser adalah pendukung iklan atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan untuk mendukung suatu produk. Sedangkan 23 selebriti adalah tokoh (actor,penghibur atau atlet) yang terkenal atau dikenal karena prestasinya dalam bidang – bidang yang berbeda dari produk yang di dukungnya (shimp, 2003:460). Selebriti dipandang sebagai individu yang disenangi oleh masyarakat dan memiliki keunggulan atraktif yang membedakannya dari individu lain. Para ahli mengemukakan pengertiannya mengenai celebrity endorser, yaitu : Suryadi (2006) mendefinisikan bahwa : Endorser adalah icon atau sering disebut juga sebagai direct source (sumber langsung) untuk mengantarkan sebuah pesan dan atau memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi yang bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk. Shimp (2003:460) berpendapat bahwa : Celebrity Endorser adalah menggunakan artis sebagai bintang iklan di media – media, mulai dari media cetak, media social , maupun media televise. Selain itu selebriti digunakan karena atribut kesohorannya termasuk ketampanan, keberanian, talenta, keanggunan, kekuatan, dan daya tarik seksualnya yang sering mewakili daya tarik yang diinginkan oleh merek yang mereka iklankan. Sonwalkar,et al (2011) menyebutkan bahwa : endorsement adalah sebuah bentuk komunikasi dimana seorang celebrity bertindak sebagai juru bicara dari seuah produk atau merek tertentu. Kata – kata yang diucapan dan bahkan terkadang hanya charisma dari seorang selebrity mampu mempengaruhi seseorang untuk berhenti dan mengarahkan perhatian kepadanya. Shimp menyatakan bahwa sekarang ini banyak konsumen yang mudah mengidentifikasi diri dengan para bintang ini, sering kali dengan memandang mereka sebagai pahlawan atas prestasi,  kepribadian, dan daya tarik fisik mereka . Kemungkinan sebanyak ¼ dari semua iklan menggunakan selebriti. (Shimp, 2003 :460) Alasan yang menyebabkan selebriti sangat diminati oleh produsen untuk mengiklankan produknya adalah karena pesan yang di sampaikan oleh sumber yang menarik (kaum selebriti yang sedang populer) akan mendapat perhatian yang lebih besar disamping akan sangat mudah diingat (Royan 2004:2). Menurut Sumarwan (2004:258) pembelian produk dan jasa serta pemilihan merek , para selebriti bisa memiliki pengaruh kuat terhadap konsumen . selebriti bisa menjadi alat pemasaran suatu produk yang sangat penting , daya tariknya yang luar biasa dan memiliki penggemar yang banyak bisa menjadi hal yang tidak dimiliki orang lain . selebriti memiliki inner beauty, charisma dan kredibilitas. Berdasarkan tiga pengertian celebrity endorser menurut para ahli di atas dapat di simpulkan bahwa celebrity endorser adalah penggunaan icon orang – orang terkenal seperti artist dan bintang iklan lainnya yang memiliki pengaruh langsung dan kuat serta menggunakan atribut kesohoranya tersebut untuk menarik konsumen melakukan pembelian

Tidak ada komentar: