Sabtu, 12 November 2022

Indikator Celebrity Endorser (skripsi, tesis, disertasi)

Menurut Shimp (2003) mengatakan lima atribut khusus Endorser dijelaskan dengan akronim TEARS, dimana TEARS tersebut terdiri dari : 1. Truthworthiness (dapat dipercaya) Mengacu pada kejujuran, integritas dan kepercayaan diri dari seorang sumber pesan 2. Expertise (keahlian) Mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang dimiliki oleh seorang endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung seorang endorser yang diterima sebagai seorang yang ahli pada merek yang didukungnya akan lebih persuasive dalam menarik audience daripada seorang endorser yang tidak diterima sebagai seorang yang ahli. 3. Attractiveness (dayatarik fisik) Mengacu pada yang dianggap sebagai hal yang menarik untuk dilihat dalam kaitannya dengan konsep tertentu dengan daya tarik fisik. 4. Respect (kualitas dihargai) Kualitas yang dihargai ataudigemari sebagai akibat dari kualitas pencapaian personal. 5. Similarity   Mengacu pada kesamaan antara endorser dan audience dalam hal umur , jenis kelamin, etnis, status social, dan sebagainya. Menurut Royan (2004:14), dalam penelitian Endang Sulistya (2012), indikator Celebrity Endorser terdiri dari 4 unsur. 1. Visibility Visibility memiliki dimensi seberapa jauh popularitas selebriti. 2. Creadibility Berhubungan dengan pengetahuan yang diketahui sang bintang terhadap produk yang di bintangi nya 3. Attraction Lebih menitik beratkan pada daya tarik sang bintang 4. Power Kemampuan selebriti dalam menarik konsumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dimensi menurut Royan (2004:14) dalam ending sulistya (2012) yaitu : 1. Visibility 2. Creadibility 3. Attraction 4. Power

Tidak ada komentar: