Menurut Shimp (2003) mengatakan lima atribut khusus Endorser
dijelaskan dengan akronim TEARS, dimana TEARS tersebut terdiri dari :
1. Truthworthiness (dapat dipercaya)
Mengacu pada kejujuran, integritas dan kepercayaan diri dari seorang sumber
pesan
2. Expertise (keahlian)
Mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang dimiliki oleh
seorang endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung seorang
endorser yang diterima sebagai seorang yang ahli pada merek yang
didukungnya akan lebih persuasive dalam menarik audience daripada seorang
endorser yang tidak diterima sebagai seorang yang ahli.
3. Attractiveness (dayatarik fisik)
Mengacu pada yang dianggap sebagai hal yang menarik untuk dilihat dalam
kaitannya dengan konsep tertentu dengan daya tarik fisik.
4. Respect (kualitas dihargai)
Kualitas yang dihargai ataudigemari sebagai akibat dari kualitas pencapaian
personal.
5. Similarity Mengacu pada kesamaan antara endorser dan audience dalam hal umur , jenis
kelamin, etnis, status social, dan sebagainya.
Menurut Royan (2004:14), dalam penelitian Endang Sulistya (2012),
indikator Celebrity Endorser terdiri dari 4 unsur.
1. Visibility
Visibility memiliki dimensi seberapa jauh popularitas selebriti.
2. Creadibility
Berhubungan dengan pengetahuan yang diketahui sang bintang terhadap
produk yang di bintangi nya
3. Attraction
Lebih menitik beratkan pada daya tarik sang bintang
4. Power
Kemampuan selebriti dalam menarik konsumen.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dimensi menurut Royan
(2004:14) dalam ending sulistya (2012) yaitu :
1. Visibility
2. Creadibility
3. Attraction
4. Power
Tidak ada komentar:
Posting Komentar