Produk merupakan elemen paling mendasar dan penting dalam bauran
pemasaran (marketing mix). Dikatakan paling penting karena dengan produklah
perusahaan menetapkan harga yang pantas, menyalurkan produk melalui saluran –
saluran distribusi mereka, dan mengkomunikasikan produk tersebut dengan suatu
bauran komunikasi yang tepat.
Produk dapat berupa barang maupun jasa, jika tidak ada produk, maka
tidak aka nada pemindahan hak milik sehingga tidak aka nada pemasaran. Semua
kegiatan pemasaran lainnya digunakan untuk menunjang gerakan produk.
Seberapa hebatnya usaha promosi yang di lakukan, distribusi dan harga jika tidak
diikuti dengan produk yang bermutu, disenangi oleh konsumen, maka usaha suatu
perusahaan tidak akan berhasil.
Definisi produk yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono (2012:95) adalah
sebagai berikut:
“Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk
diperhatikan, diminta, dibeli, dan dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan
kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan”.
Menurut Kotler dalam buku H.Abdul Manaf (2016:255) mengemukakan
produk sebagai berikut: “A product is anything that can be offered to a market to satisfy a want or
need. Product that are marketed include physical good, services, events,
persons, places, properties, organization, information and ideas”.
Selain itu juga Buchari Alma (2013:139) mendefinisikan produk sebagai
berikut:
“Produk sebagai seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak
berwujud, termasuk di dalamnya masalah warna, harga, nama baik pabrik,
nama baik toko yang menjual (pengecer), dan pelayanan pabrik serta
pelayanan pengecer, yang diterima oleh pembeli guna memuaskan
keinginannya”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar