Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan
oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam
upayamempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, dimana secara
langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat
diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan
pasar, pemasaran juga memiliki aktivitas penting dalam menganalisis dan
mengevaluasi segala kebutuhan dan keinginan para konsumen yang juga meliputi
segala aktivitas di dalam perusahaan. Dalam arti lain pemasaran adalah sebuah
kerangka perusahaan yang telah dirancang untuk penyampaian nilai dari sebuah barang atau jasa secara langsung kepada konsumen dalam rangka pencapaian
tujuan perusahaan. Berikut adalah para ahli pemasaran mendefinisikan pemasaran,
Menurut Kotler dan Keller (2016:27) mendefinisikan pemasaran sebagai
berikut:
“Marketing is meeting needs profitability”, maksud ungkapan tersebut
adalah pemasaran merupakan hal yang dilakukan untuk memenuhi setiap
kebutuhan (kebutuhan konsumen) dengan cara-cara yang menguntungkan
semua pihak.
Sedangkan menurut Buchary Alma dan Djaslim Saladin (2010:2),
menyatakan bahwa pemasaran sebagai berikut :
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial menyangkut individu
atau kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui
penciptaan, penawaran dan pertukaran (nilai) produk dengan yang lain.
Lain halnya dengan definisi formal yang ditawarkan America Marketing
Association (AMA) yang dikutip oleh Kotler dan Keller (2016:27) sebagai
berikut:
“Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating,
communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for
customers, clients, partners, and society at large.”
Berdasarkan uraian yang dikemukakan para ahli pemasaran, penulis
sampai pada pemahaman bahwa pemasaran adalah suatu aktivitas social dan
manajerial yang dilakukan perusahaan secara terorganisir dalam proses
menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberi nilai kepada konsumen, baik
secara individu atau kelompok guna memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen yang bervariasi melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran nilai
produk dengan yang lain serta memberikan keuntungan bagi perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar