Sabtu, 12 November 2022

Pengaruh endorser dan store image terhadap niat beli (skripsi, tesis, disertasi)

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Octavianus (2020) menunjukkan bukti bahwa online store image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada produk sneakers Adidas, karena dengan terus meningkatkan store image sehingga timbul persepsi pelanggan terhadap produk pelanggan Adidas semakin baik dan niat beli konsumen pada produk Adidas juga meningkat. Surjaatmadja & Purnawan (2018) menunjukkan bahwa variabel store image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention of private label. Dapat ditarik kesimpulan bahwa store image yang baik akan dapat menyampaikan sejumlah informasi yang menunjukkan barang atau jasa yang dijual adalah dengan memiliki kualitas yang baik, fasilitias toko, reputasi toko dan lain sebagainya. Toko yang memiliki store image yang baik cenderung berdampak positif pula terhadap persepsi konsumen terhadap produk dari toko tersebut, artinya ketika konsumen mempunyai penilaian bahwa sebuah toko yang memiliki image yang baik di matanya, maka mereka menganggap produk yang dijual memiliki tingkat kualitas yang baik.   D.N. Jayarathne (2019) menunjukkan bahwa variabel store image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention konsumen Sri Lanka Furniture merek Damro. Roshan & Sudiksa (2019) menyebutkan bahwa variabel celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Kesimpulan dari penelitian tersebut menyatakan bahwa endorser merupakan seorang tokoh yang dikenal masyarakat serta memiliki kemampuan yang baik dalam mempromosikan suatu produk lipstick Wardah. Ningsih (2019) dengan Raline Shah sebagai endorser untuk mempromosikan suatu produk dalam iklan di televisi. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention menunjukkan bahwa variabel endorser berpengaruh signifikan terhadap niat beli Wardah Instaperfect.

Tidak ada komentar: