Sebuah perusahaan akan sukses apabila didalamnya terdapat kegiatan
manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran berpengaruh pada aktivitas
pemasaran yang dilakukan. Manajemen pemasaran pun menjadi pedoman dalam
menjalankan kelangsungan hidup perusahaan dan menjadi peran yang tidak dapat
dipisahkan sejak dimulainya proses produksi hingga pada tahap barang sampai
pada konsumen. Tugas dari manajemen pemasaran itu adalah melakukan
perencanaan mengenai bagaimana cara mencari peluang pasar untuk melakukan
pertukaran barang dan jasa konsumen.
Kemudian, manajemen pemasaran mengimplementasikan rencana tersebut
untuk menciptakan dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
konsumen demi tercapainya tujuan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini
adalah pengertian manajemen pemasaran yang peneliti kutip dari beberapa ahli
pemasaran.
Menurut Kotler dan Amstrong (2014:30) medefinisikan manajemen
pemasaran adalah:
“Marketing management as the art and science of choosing target markets
and building profitable relationship with them.”
Dilengkapi oleh ungkapan Kotler dan Keller (2016:27) yang mengatakan
bahwa manajemen pemasaran adalah;
“Marketing management as the art and science of choosing target markets
and getting, keeping, and growing customers through creating, delivering,
and communicating superior customer value.”
Sedangkan Buchari Alma (2013:289) mengemukakan manajemen
pemasaran sebagai berikut: “Manajemen pemasaran ialah kegiatan menganalisis, merencana,
mengimplementasikan dan mengawasi segala kegiatan guna mencapai
tingkat pemasaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh
perusahaan.”
Berdasarkan beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli, peneliti
dapat menyimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan ilmu yang dapat
diaplikasikan dalam suatu organisasi, perusahaan atau dapat pula secara individu
dalam mempertahankan kelangsungan hidup organisasi melalui pertukaran yang
menguntungkan dengan proses merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan
dan mengendalikan program yang melibatkan konsep pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar