Konsep bauran pemasaran menurut Kotler dan Keller (2012:25) terdiri
dari 4p, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion
(promosi). Adapun pengertian dari masing-masing bauran pemasaran adalah
sebagai berikut:
1. Produk (Product)
Suatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, agar
produk yang dijual mau dibeli, digunakan atau dikonsumsi yang dapat
memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan dari konsumen.
2. Harga (Price)
Sejumlah nilai yang ditukarkan konsumen dengan manfaat dari memiliki atau
menggunakan produk atau jasa yang nilainya ditetapkan oleh pembeli dan
penjual melalui tawar menawar, atau ditetapkan oleh penjual untuk satu harga
yang sama terhadap semua pembeli. 3. Tempat (Place)
Tempat diasosiasikan sebagai saluran distribusi yang ditujukan untuk mencapai
target konsumen. Sistem distribusi ini mencakup lokasi, transportasi,
pergudangan, dan sebagainya.
4. Promosi (promotion)
Promosi berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk
pelanggan membelinya.
Alat-alat bauran pemasaran tersebut digunakan untuk mempengaruhi
saluran perdagangan dan konsumen akhir. Bauran pemasaran mencerminkan
pandangan penjual terhadap alat pemasaran yang tersedia untuk mempengaruhi
pembeli. Dari sudut pandang pembeli, setiap alat pemasaran dirancang untuk
memberi manfaat bagi pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar