Sabtu, 12 November 2022

Komponen Citra Merek (skripsi, tesis, disertasi)

 Menurut Simamora dalam Ogi Sulistian (2011:33), menyatakan ada tiga komponen citra merek, diantaranya adalah : 1. Citra pembuat (Corporate Image) Yaitu sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu barang atau jasa. Bagi perusahaan manfaat brand adalah: a. Brand memudahkan penjual mengolah pesanan dan menelusuri masalahmasalah yang timbul. b. Brand memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan atau ciri khas produk. c. Brand memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan menguntungkan. d. Brand membantu penjual melakukan segmentasi pasar. 2. Citra pemakai atau konsumen (user or customer image) 47 a. Brand dapat menceritakan sesuatu kepada pembeli mengenai mutu. b. Brand membantu menarik perhatian pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin bermanfaat bagi merek. 3. Citra produk (product image) Yaitu sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu barang atau jasa, seperti mengenai hal berikut: a. Kualitas produk asli atau palsu. b. Berkualitas baik. c. Desain menarik. d. Bermanfaat bagi konsumen. Agar suatu merek memiliki citra merek yang baik, maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor pembentuk citra merek. Faktor-faktor pembentuk citra merek menurut Simamora dalam Ogi Sulistian (2011:33) adalah sebagai berikut: 1. Kualitas atau mutu berkaitan dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen dengan merek tertentu. 2. Dapat dipercaya atau diandalkan, berkaitan dengan pendapat atau kesepakatan yang dibentuk oleh masyarakat tentang suatu produk yang dikonsumsi. 3. Kegunaan atau manfaat, yang berkaitan dengan fungsi dari suatu produk barang atau jasa yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen. 4. Pelayanan, yang berkaitan dengan tugas produsen dalam melayani konsumen. 5. Resiko, berkaitan dengan besar kecilnya akibat atau untung rugi yang mungkin dialami oleh konsumen.  6. Harga, dalam hal ini berkaitan dengan tinggi rendahnya atau banyak sedikitnya jumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk mempengaruhi suatu produk, juga dapat mempengaruhi citra jangka panjang. 7. Citra yang dimiliki merek itu sendiri, yaitu berupa pandangan, kesepakatan, dan informasi yang berkaitan dengan suatu merek dari produk tertentu. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut maka perusahaan akan memiliki citra merek yang baik atas produknya. Apabila merek produk perusahaan dapat diingat di benak konsumen, maka itu akan mempermudah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan perusahaan

Tidak ada komentar: