Sabtu, 12 November 2022

Indikator-Indikator Store Image (skripsi, tesis, disertasi)


Menurut (Soebagyo & Subagio, 2014) mengatakan bahwa alat ukur dari
citra toko (Store Image) terbagi kedalam lima dimensi diantaranya yaitu:
1) Merchandise
Merupakan barang-barang yang dijual. Konsumen akan memiliki
image yang baik terhadap suatu toko apabila toko tersebut dapat
menyediakan barang yang dibutuhkannya melalui indikator antara lain
yaitu:
a) Kelengkapan produk
b) Merek produk
c) Variasi ukuran produk
d) Variasi kualitas produk
Oleh karena itu pihak pengelola perlu untuk mengetahui keinginan
dan kebutuhan konsumen.
2) Price
Harga yang dibayarkan untuk memperoleh barang atau jasa yang
diinginkan konsumen. Harga juga mencerminkan kualitas produk yang
dijual. Adapun termasuk atribut dalam harga adalah ke-kompetitifan
harga, keterjangkauan harga, dan adanya diskon harga. Melalui
penetapan harga yang menarik dan memungkinkan mampu memberikan
daya tarik bagi konsumen. Adapun indikator dari harga yaitu:
a) Kemauan konsumen untuk membeli
b) Manfaat produk
3) Promotion
Alat komunikasi untuk menghubungkan keinginan pihak
perusahaan dengan konsumen dengan cara memberitahukan,
mempengaruhi, dan juga mengingatkan konsumen agar mau membeli
produk yang dijual. Dalam atribut promosi ini adalah mengenai daya
tarik serta informasi melalui selebaran dan poster. Adapun indikator dari
promotion yaitu:
a) Periklanan di media sosial
b) Promosi pemberian diskon
4) Service
Merupakan atribut yang berkaitan dengan dengan layanan yang
ditawarkan kepada konsumen secara bersama-sama dengan produk yang
dijual. Dalam melakukan layanan kepada pembeli maka proses interaktif
antara penjual dan pembeli berperan sehingga penjual dapat terus
meningkatkan layanannya. Adapun indikator dari service yaitu:
a) Keramahan
b) Simpatik
c) Tanggap
d) Solutif
Maka ketika toko memiliki kualitas produk dan kualitas pelayanan
yang baik maka konsumen memiliki persepsi yang baik juga terhadap
toko yang dilihat.

Tidak ada komentar: