Menurut Ferdinand (2002) purchase intention dapat diidentifikasikan
dan diukur melalui berbagai indikator-indikator sebagai berikut:
a) Niat Transaksional
Keinginan atau kecenderungan seseorang untuk membeli
produk tertentu yang dimaksudkan bahwa konsumen telah memiliki
niat untuk melakukan pembelian pada suatu produk tertentu.
b) Niat Referensial
Kecenderungan seseorang untuk mereferensikan produk kepada
orang lain. Hal ini bermaksud seorang konsumen yang telah
memiliki niat untuk membeli akan menyarankan atau merekomendasikan orang terdekatnya untuk juga melakukan sebuah
pembelian produk yang sama.
c) Niat Preferensial
Niat yang menggambarkan perilaku seseorang yang memiliki
preferensi (pilihan) utama pada produk tersebut.
d) Niat Eksploratif
Niat yang menggambarkan perilaku seseorang yang selalu
mencari informasi mengenai produk yang di minatinya kemudian
dengan mencari informasi untuk mendukung sifat-sifat positif dari
produk tersebut.
Dari penjelasan di atas dapat diartikan bahwa jika ingin mempengaruhi
seseorang yaitu dengan mempelajari apa yang dipikirkan, dengan demikian
akan didapatkan bagaimana informasi itu dapat berjalan dan bagaimana
memanfaatkannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar