Sabtu, 12 November 2022

Faktor-Faktor Pembentuk Purchase Intention (skripsi, tesis, disertasi)

 Menurut Ajzen, (1991) dalam theory of planned behaviour (TPB) menjelaskan bahwa intention dibentuk oleh beberapa faktor yaitu: a) Sikap tentang evaluasi positif atau negatif seseorang mengenai suatu perilaku. Konsepnya adalah tingkatan sejauh mana perilaku dinilai positif atau negatif. b) Norma subjektif tentang persepsi seseorang terhadap perilaku tertentu, dimana persepsi ini dipengaruhi oleh penilaian orang disekitar yang dianggap berpengaruh, seperti orang tua, pasangan, teman dan mentor. c) Perceived behavioral control (PBC) yaitu mengenai persepsi tentang mudah atau sulitnya melakukan perilaku tertentu. PBC ditentukan oleh kehadiran faktor-faktor yang dapat memfasilitasi atau menghalangi kemampuan seseorang untuk melakukan perilaku tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa seseorang akan melakukan suatu penilaian sebelum menentukan perilaku yang ditentukan oleh faktorfaktor yang dapat memfasilitasi.

Tidak ada komentar: