Sabtu, 12 November 2022

Faktor-Faktor Endorser (skripsi, tesis, disertasi)

Shimp & Andrews (2013) mengemukakan model ViSCAP mengenai indikator endorser yang terdiri dari empat unsur yaitu: a) Visibility Visibility memiliki dimensi tentang seberapa jauh popularitas dari seorang selebriti. Apabila dihubungkan dalam popularitas, maka dapat ditentukan dengan seberapa banyak penggemar yang dimiliki oleh seorang endorser dan bagaimana tingkat keseringan tampilnya di depan khalayak (appearances). b) Credibility Kredibilitas seorang selebriti lebih banyak berhubungan dengan dua hal, yaitu keahlian ini akan bersangkut paut pada pengetahuan selebritis tentang produk yang diiklankan. Sedangakan objektivitas lebih merujuk pada kemampuan selebriti untuk memberi keyakinan atau percaya diri pada konsumen dari suatu produk. selebriti yang memiliki kemampuan yang sudah dipercaya kredibilitasnya akan mewakili merek yang diiklankan. Produk yang diiklankan pun akan menjadi pas dengan persepsi yang diinginkan oleh audience. c) Attraction Penerimaan pesan tergantung pada daya tarik endorser. Endorser akan berhasil merubah opini dan perilaku konsumen melalui mekanisme daya tarik, merasa endorser memiliki sesuatu yang ingin mereka miliki sehingga mereka bersedia taat pada isi pesan.  d) Power Dalam model VisCAP ini menginformasikan bahwa seorang selebriti yang digunakan dalam iklan harus memiliki kekuatan untuk “memerintahkan” target audience untuk membeli. Power adalah kemampuan selebriti dalam menarik konsumen untuk membeli.

Tidak ada komentar: