Kamis, 09 Juni 2022

Tujuan Penilaian Kinerja (skripsi, tesis, dan disertasi)


Penilaian kinerja dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang bermanfaat bagi
organisasi dan karyawan yang dinilai. Tujuan dari penilaian kinerja karyawan adalah
untuk memberikan informasi terkait prestasi kerja karyawan diwaktu yang lalu dan
sebagai prediksi kinerja karyawan diwaktu yang akan datang (Astuti, 2006).
Tujuan penilaian kinerja karyawan adalah sebagai dasar dalam pengambilan
keputusan untuk (1) melatih, memutasikan, atau mendisiplinkan pekerja; (2)
mempromosikan pekerja yang berprestasi; (3) menindak pekerja yang kurang atau
tidak berprestasi; dan (4) memberikan atau menunda kenaikan imbalan/balas jasa
(Marwansyah, 2014). Selain itu, ada dua tujuan dari penilaian kinerja menurut
Badriyah (2015), yaitu untuk pengembangan tujuan organisasi dan untuk
mengevaluasi terhadap tujuan organisasi.
Untuk pengembangan tujuan organisasi, yaitu: (1) sebagai motivasi bagi para
karyawan; (2) sebagai media untuk memperkuat hubungan antara atasan dengan
bawahan; (3) sebagai alat untuk mendiagnosis masalah yang dialami oleh individu
atau karyawan; (4) sebagai sarana pengembangan komitmen organisasi melalui
diskusi kesempatan karir dan perencanaan karir; dan (5) sebagai bahan untuk
mengambil keputusan dilakukannya pelatihan dan bimbingan pekerjaan dalam rangka
memperbaiki kinerja dan pengembangan potensi pada masa yang akan datang.
Sedangkan evaluasi terhadap tujuan (goal) organisasi, mencakup: (1) sebagai
feedback pada pekerjaan untuk mengetahui hasil dari pekerjaan yang telah dilakukan
oleh karyawan; (2) sebagai sarana untuk membantu manajemen dalam membuat
keputusan pemberhentian sementara atau PHK dengan memberikan “peringatan”
kepada karyawan tentang kinerja mereka yang tidak memuaskan; dan (3) sebagai
informasi untuk menentukan pembayaran upah atau bonus dan keputusan promosi
serta menyediakan media komunikasi untuk keputusan tersebut.
Sementara itu, tujuan dari penilaian kinerja yang dikemukakan oleh Ijewereme
dan Benson (2013), adalah tujuan administrasi dan tujuan pengembangan. Adapun
tujuan administrasi, yaitu sebagai penyedia informasi untuk menentukan keputusan
terkait gaji dan promosi. Sedangkan, tujuan perkembangan, yaitu sebagai informasi
yang digunakan untuk menentukan kebutuhan pelatihan dan perencanaan karir.

Tidak ada komentar: