Menurut wibowo (2009:7) dalam bukunya memberikan penjelasan
tentang kinerja sebagai berikut Kinerja berasal dari pengertian
performance. Ada yang memberikan pengertian performance sebagai hasil
kerja atau prestasi kerja. Manajemen kinerja adalah manajemen tentang
menciptakan hubungan dan memastikan komunikasi yang efektif.
Manajemen kinerja memfokuskan pada apa yang diperlukan oleh
organisasi, manajer, dan pekerja untuk berhasil. Manajemen kinerja adalah
tentang bagaimana kinerja dikelola untuk memperoleh sukses menurut
Wibowo (2009:7). Sedangkan manajemen kinerja adalah suatu cara untuk
mendapatkan hasil yang lebih baik bagi organisasi, kelompok dan individu
dengan memahami dan mengelola kinerja sesuai dengan target yang telah
direncanakan, standar dan persyaratan kompetensi yang telah ditentukan
menurut Surya Dharma (2005:25). Sedangkan kinerja adalah tingkat
pencapaian atas pelaksanaan tugas tertentu. Dan manajmen kinerja adalah
keseluruhan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja
perusahaan atau organisasi, termasuk kinerja masing-masing individu dan
kelompok kerja diperusahaan tersebut menurut simanjutak (2005:1).
Kinerja perusahaan atau organisasi adalah tingkat sasaran atau
tujuan yang harus dicapai oleh perusahaan dalam kurun waktu tertentu
menurut Simanjutak (2005:105). Kinerja perusahaan merupakan hasil
yang dapat diukur atau ditentukan dengan menunjukkan sebuah kondisi
empirik perusahaan dari berbagai ukuran yang ditetapkan. Kinerja usaha
merujuk pada seberapa banyak perusahaan berorientasi pada pasar serta
tujuan keuntungan menurut Puspanindyah (2016). Kinerja adalah hasil
kerja yang bersifat konkret, dapat diamati, dan dapat diukur. Jika kita
mengenal tiga macam tujuan, yaitu tujuan organisasi, tujuan unit dan
tujuan pegawai, maka kita juga mengenal tiga macam kinerja yaitu kinerja
organisasi, kinerja unit dan kinerja pegawai menurut (Irawan 2002:11)
dalam Puspanindyah (2016).
Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang
dicapai oleh sesorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai
dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya, menurut
Mangkunegara (2009:9). Pada dasarnya kinerja merupakan suatu istilah
secara umum yang digunakan untuk sebagaian atau seluruh tindakan atau
aktivitas dari suatu organisasi pada suatu periode dengan refrensi pada
sejumlah standar seperti biaya-biaya masa lalu atau yang diproyeksikan,
dengan dasar efisiensi, pertanggung jawaban atau akuntabilitas manajemen
dan semacamnya, menurut Suprapto (2017). Sedangkan menurut Mathis
dan Jackson (2006:65) menyatakan bahwa kinerja pada dasarnya adalah
apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pegawai. Manajemen kinerja
adalah keseluruhan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja
perusahaan atau organisasi, termasuk kinerja masing-masing individu dan
kelompok kerja di perusahaan tersebut
Kamis, 09 Juni 2022
Pengertian Manajemen Kinerja (skripsi, tesis, dan disertasi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar