Weihrich dan Koontz (2005) dalam Tuali, Nance F (2007)
mendefinisikan Kinerja Manajerialsebagai kinerja manajer dalam mengerti
dan memahami fungsi manajer yang sebenarnya dalam mencapai sasaran
kinerjanya, yang diukur dari bagaimana manajer tersebut menjalankan
aktivitas manajerialnya seperti planning, organizing, staffing, leading, dan
controlling.
Menurut Ekha dan Narumonrang (2005) Kinerja
manajerialmerupakan sebuah ukuran seberapa jauh seorang manajer dalam
melakukan semua fungus-fungsi manajemen.Kinerja manajerialitu sendiri,
memiliki hubungan dengan seberapa besar kemampuan setiap level dalam
manajemen untuk meningkatkan kinerja baik dari segi kinerja kualitas
sumber daya manusia ataupun kinerja keuangan.
Kinerja Manajerial menurut Mahoney et al (1963) meningkatkan
bahwa kecakapan manajer atau pimpinan suatu organisasi dalam
melaksanakan kegiatan-kegiatan manajerial antara perencanaan,
investigasi, koordinasi, supervises, pengatura staf, negosiasi dan dan
representasi.Delapandimensi dari Kinerja manajerialmeliputi:
a. Perencanaan .
Kemampuan untu menentukan tujuan, kebijakan tindakan atau
pelaksanaan penjadwalan kerja, penganggaran, perencanaan dan
pemrograman.
b. Investigasi
Kemampuan untuk menyimpulkan dan menyiapkan informasai untuk
catatan, laporan pengukuran hasil, serta menganalisis pekerjaan.
c. Pengkoordinasian
Kemampuan tukat menukar informasi dengan bagian lain, untuk
meningkatkan dan menyesuaikan, memberitahu bagian lain dan
hubunganya dengan manajer lain.
d. Evaluasi
Kemampuan untuk menilai dan mengukur keputusan yang diambil
kinerja yang diamati atau dilaporkan, pednilaian pegawai, penilaian
catatan hasil, penilaian laporan keuangan, pemeriksaan produk.
e. Pengawasan
Kemampuan untuk mengarahkan, memimpin, membimbing,
menjelaskan segala aturan yang berlaku, memberikan dan menangani
keluhan pelaksanaan tugas bawahan.
f. Pemilihan staf
Kemampuan untuk mempertahankan angka kerja dibagiannya dalam
merekrut, menetapkan, mempromosikan, dan memutasi pegawai.
g. Negosiasi
Kemampuan untuk melakukan suatu kontak penyajian untuk barang
maupun jasa, pembelian dan tawar menawar.
h. Perwakilan
Kemampuan dalam menghadiri pertemuan dengan perusahaan lain,
pertemuan perkumpulan bisnis, pidato untuk acara kemasyarakatan,
pendekatan masyarakat dan mempromosikan tujuan umum
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar