Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diferensiasi adalah
proses , cara, perbuatan membedakan, pembedaan. Strategi
diferensiasi adalah strategi dengan memberikan perbedaan yang
berarti pada produk yang dihasilkan dibandingkan produk pesaing.
Ada beberapa faktor yang dapat dijadikan dasar diferensiasi produk, di
antaranya adalah pertama diferensiasi produk inti yaitu diferensiasi
dari manfaat-manfaat utama yang diberikan produk untuk memenuhi
kebutuhan konsumen; kedua diferensiasi produk tambahan yaitu
diferensiasi melalui pemberian manfaat tambahan dari produk kepada
konsumen diluar produk inti; ketiga diferensiasi layanan yaitu
menyangkut pemesanan dan pembayaran, pengantar produk,
pemasangan, jaminan atau garansi dan pelayanan after sales dari
produk. Hermawan Kartajaya dan banyak pakar manajemen pemasaran
mendefinisikan diferensiasi sebagai semua upaya brand atau perusahaan untuk menciptakan perbedaan di antara para pesaing
dalam rangka membentuk value terbaik kepada pelanggan. Perusahaan
yang memiliki diferensiasi yang kukuh dipastikan akan memiliki
kinerja di atas rata-rata di dalam industrinya. Hermawan Kartajaya berpendapat bahwa diferensiasi dapat
dilakukan berdasarkan : 1) Konten adalah dimensi diferensiasi yang menunjukkan pada
apa value yang anda tawarkan kepada pelanggan.
2) Konteks adalah dimensi yang menunjukkan cara anda
menawarkan value kepada pelanggan.
3) Infrastruktur adalah pembedaan terhadap pesaing berdasarkan
kemampuan teknologi, kapabilitas SDM dan kepemilikan
fasilitas untuk mendukung penciptaan diferensiasi konten dan
konteks
Tidak ada komentar:
Posting Komentar