Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Citra adalah rupa,
gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan,
organisasi, atau produk. 30Citra adalah produk /jasa mempresentasikan
keseluruhan persepsi terhadap produk dan di bentuk dari informasi
dan pengalaman masa lalu terhadap produk itu. Citra dalam bahasa
inggris “image” adalah sejumlah kepercayaan, ide, atau nilai dari
seseorang terhadap suatu obyek, merupakan konstruksi mental
seseorang yang diperoleh dari hasil pergaulan atau pengalaman
seseorang, atau merupakan interprestasi, reaksi, persepsi atau perasaan
dari seseorang terhadap apa saja yang berhubungan dengannya. Istilah
citra ini di gunakan dalam berbagai konteks seperti citra terhadap
orang, lembaga, perusahaan, merek dansebagainya. Webster
mendefinisikan citra sebagai gambaran mental atau konsep tentang
sesuatu. Kotler secara lebih luas mendefinisikan citra sebagai jumlah
dari keyakinan-keyakinan, gambaran-gambaran, kesan-kesan yang di
punyai seseorang pada suatu obyek. Obyek dimaksud bisa orang,
organisasi, kelompok orang, atau yang lainnya yang dia ketahui. Image berkaitan dengan positioning produk jasa tersebut di
benak konsumen. Apabila konsumen memiliki citra positif terhadap suatu produk jasa, maka persepsinya terhadap produk jasa tersebut
juga akan positif, begitu juga sebaliknya. Image ini sangat penting
artinya bagi keberlangsungan bisnis jasa tersebut. Image dapat di
bangun melalui kualitas jasa dan kualitas penyampaian serta yang di
dukung oleh progam-progam promosional yang benar, tepat dan kuat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar