Selasa, 26 Oktober 2021
Niat Pembelian Konsumen (skripsi dan tesis)
Sebelum konsumen memutuskan untuk membeli dan menggunakan barang
atau jasa, pasti konsumen mengalami proses dalam keputusan membeli produk
tersebut. Proses pengambilan keputusan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor,
baik eksternal maupun internal. Niat merupakan salah satu faktor yang berasal dari dalam diri konsumen yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk melakukan
pembelian pada suatu produk barang maupun jasa. Niat pembelian mengacu pada
"kemungkinan konsumen akan merencanakan atau bersedia membeli produk atau
layanan tertentu di masa depan" (Wu, Yeh, & Hsiao, 2011, hal.32).
Peter (2010) niat beli adalah rencana keputusan atau niat untuk membeli
produk tertentu atau merek. Peter menganggap bahwa niat beli dapat juga diartikan
sebagai niat perilaku yaitu sebuah rencana untuk melakukan tindakan pembelian.
Dalam Tuu (2012) menurut Johnson, et al (2006) & Oliver (2009) niat beli
merupakan konsep penting dalam literatur pemasaran. Dalam Wu dan Chen (2014)
menurut Grewal, et al (1998) niat beli menunjukkan reaksi emosional yang dihasilkan
dari evaluasi keseluruhan konsumen terhadap suatu produk serta menunjukkan
kemungkinan bahwa konsumen ingin membeli produk. Item pengukuran dari niat
pembelian meliputi kemungkinan untuk membeli, niat untuk membeli, dan
pertimbangan untuk membeli (Zeithaml, 1988).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar