Perusahaan harus memilih
endorser yang memiliki kredibilitas, cocok dan sesuai dengan produk yang
diiklankan, sehingga iklan tersebut sampai kepada konsumen yang dapat
membentuk opini dan mereka akan meneruskan opini tersebut sesuai dengan
persepsi masing-masing. Dengan demikian diharapkan akan bertambahnya
kesadaran audiens akan adanya produk.”
Penggunaan endorser diharapkan dapat memberikan asosiasi positif antara
produk dengan endorser. Selebriti mengilhami merek yang disahkan dengan
kepribadian yang sesuai dengan citra populer selebriti (Keller, 2013). Oleh karena itu,
citra yang dirasakan dari seorang celebrity endorser secara kognitif mengalir ke
merek yang disahkan dan menjadi bagian dari kumpulan asosiasi merek yang
disahkan (Keller, 2013). Seorang selebriti yang dianggap oleh konsumen sebagai
kredibel membawa asosiasi daya tarik, kepercayaan dan keahlian yang dapat
diandalkan (Ohanian, 1990), sehingga secara langsung dan positif menambah
pengetahuan konsumen akan merek yang disahkan.
Menurut Ohanian (1990) kredibilitas selebriti endorser adalah sejauh mana
sumber dipandang memiliki keahlian yang relevan dengan topik komunikasi dan
dapat dipercaya untuk memberikan pendapat obyektif tentang subjek. Menurut
Goldsmith et al. (2000) kredibilitas selebriti endorser adalah tingkat kepercayaan
konsumen kepada sumber dalam memberikan informasi terhadap konsumen. Ohanian (1990) mengidentifikasi tiga dimensi yang membentuk kredibilitas selebriti yaitu :
daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), dan keahlian (expertise)
Selasa, 26 Oktober 2021
Kredibilitas Selebriti Endorser (skripsi dan tesis)
Penggunaan selebriti sebagai endorser sebuah merek memang sudah lama
menjadi salah satu cara promosi perusahaan-perusahaan besar untuk menunjang
penjualan mereka. Ketenaran selebriti dapat membuat seseorang mudah untuk
mengenal sebuah nama merek bahkan juga mengingatnya. Asumsi dasar yang
melatarbelakangi penggunaan selebriti endorser adalah nilai-nilai yang dimiliki oleh seorang selebriti dapat tertanamkan sebagai nilai merek yang diwakili oleh selebriti
tersebut yang pada nantinya nilai positif yang ada dalam diri selebriti akan dapat
memperkuat posisi merek di mata konsumen, seperti dikutip dari Wijayanti (2010:6):
“Endorser sebagai opinion leader yang menyampaikan pesan hingga sampai
ke konsumen mengenai produk yang diiklankan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar