Menurut Mowen & Minor (2002: 109), Loyalitas merek mempunyai
hubungan yang erat dengan kepuasan konsumen, dimana loyalitas merek
dipengaruhi secara langsung oleh kepuasan dengan merek yang telah
diakumulasi dalam jangka waktu tertentu sebagaimana persepsi kualitas
produk. Menurut Schiffman & Kanuk dalam Manurung (2009: 46), tingkat
kepuasan konsumen akan memengaruhi derajat loyalitas merek konsumen,
karena salah satu faktor yang memengaruhi loyalitas merek adalah kepuasan
konsumen.
Loyalitas merek merupakan ukuran kesetiaan, kedekatan atau keterkaitan
konsumen pada sebuah merek. Ukuran ini mampu memberikan gambaran
tentang mungkin tidaknya seorang konsumen beralih ke merek produk yang
lain, terutama jika pada merek tersebut dihadapi adanya perubahan, baik
menyangkut harga maupun atribut lainnya. Loyalitas konsumen akan
terbentuk ketika kepuasan konsumen juga ikut terbentuk. Semakin
konsumen merasa puas akan kinerja sebuah produk, maka akan semakin
kuat pula loyalitas yang terbentuk pada konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar