Kamis, 07 Oktober 2021

Aspek Lingkungan Kerja (skripsi dan tesis)


Lingkungan kerja dapat dibagi menjadi beberapa bagian atau bisa
disebut juga aspek pembentuk lingkungan kerja, bagian-bagian itu bisa diuraikan
sebagai berikut (Simanjuntak, 2011:39):
1. Pelayanan kerja
Pelayanan karyawan merupakan aspek terpenting yang harus dilakukan oleh
setiap perusahaan terhadap tenaga kerja. Pelayanan yang baik dari
perusahaan akan membuat karyawan lebih bergairah dalam bekerja,
mempunyai rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaannnya, serta
dapat terus mennjaga nama baik perusahaan melalui produktivitas kerjanya
dan tingkah lakuknya. Pada umumnya pelayanan karyawan meliputi beberapa
haln yakni :
a. Pelayanan makan dan minum.
b. Pelayanan kesehatan .
c. Pelayanan kamar kecil/kamar mandi ditempat kerja, dan sebagainya.
2. Kondisi Kerja
Kondisi kerja karyawan sebaiknya diusahakan oleh manajemen perusahaan
sebaik mungkin agar timbul rasa aman dalam bekerja untuk karyawannya,
kondisi kerja ini meliputi penerangan yang cukup, suhu udara yang tepat,
kebisingan yang ddapat dikendalikan, pengaruh warna, runag gerak yang
diperlukan dan keamanan kerja karyawan.
3. Hubungan karyawan
Hubungan karyawan akan sangat menentukan dalam menghasilkan
produktivitas kerja. Hala ini disebabkan karena adanya hubungan antara
motivasi serta semangat dan kegairahan kerja dengan hubungan yang
kondusif antar sesama karyawan dalam bekerja, ketidak serasian hubungan
antara karyawan dapat menurunkan motivasi dan kegairahan yang akibatnya
akan dapat menurunkan produktivitas kerja.

Tidak ada komentar: