Kamis, 24 Juni 2021
Periklanan (skripsi dan tesis)
Menurut Kotler dan Amstrong (2012 ; 454) iklan adalah segala bentuk penyajian
dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu
yang memerlukan pembayaran. Menurut Bearden dan Ingram (2007; 393) iklan
adalah elemen komunikasi pemasaran yang persuasif, nonpersonal, dibayar oleh
sponsor dan disebarkan melalui saluran komunikasi massa untuk mempromosikan
pemakaian barang, atau jasa. Kemudian menurut Gitosudarmo (2008 ; 228)
Periklanan adalah merupakan alat utama bagi perusahaan untuk mempengaruhi
konsumennya. Periklanan ini dapat dilakukan oleh pengusaha lewat surat kabar,
radio, majalah, televisi ataupun dalam bentuk poster-poster yang dipasang di
pinggir jalan atau tempat-tempat yang strategis.”
Dari beberapa pendapatan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa iklan
merupakan suatu bentuk komunikasi massa; radio, surat kabar, majalan, dan
sebagainya. Sehingga advertising mempunyai sifat non personal dan merupakan
suatu alat untuk mempromosikan produk atau jasa tanpa mengadakan kontak
langsung serta si pemasang iklan harus membayar dengan tarif tertentu yang
berlaku. Kegiatan periklanan berarti kegiatan menyebarluaskan berita (informasi)
kepada pasar (masyarakat/konsumen). Masyarakat perlu diberitahu siapa
(sponsor) yang bertindak melalui media iklan tersebut. Dalam hal ini pihak
sponsor membayar kepada media yang membawakan berita itu. Kegiatan
periklanan ini adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antara
penjual dan pembeli, sehingga keinginan mereka dapat terpenuhi dalam cara yang
efisien dan efektif, dalam hal ini komunikasi dapat menunjukkan cara-cara untuk
mengadakan pertukaran yang saling memuaskan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar