Kamis, 24 Juni 2021
Tujuan Promosi (skripsi dan tesis)
Tujuan utama promosi ialah memberi informasi, menarik perhatian dan
selanjutnya memberi pengaruh meningkatnya penjualan. Menurut Schoell (2016 ;
181) menyatakan, tujuan promosi adalah untuk mendapatkan perhatian,
pengajaran, unuk meningkatkan, membujuk, dan menyakinkan.
Suatu kegiatan promosi jika dilaksanakan dengan baik dapat
mempengaruhi konsumen mengenai dimana dan bagaimana konsumen
membelanjakan pendapatannya. promosi dapat membawa keuntungan baik bagi
produsen maupun konsumen. Menurut Laksana (2008;147) terdapat tujuan umum
dan tujuan khusus promosi, yang akan dijelaskan sebagai berikut:
1. Tujuan umum
Bersumber pada tujuan komunikasi pemasaran, yaitu untuk mempercepat
respon pasar yang ditargetkan
2. Tujuan khusus
a. Bagi konsumen (consumer promotion), untuk mendorong konsumen antara
lain untuk lebih banyak menggunakan produk, unit pembeli produk dalam
unit yang besar, mencoba merek yang dipromosikan, dan untuk menarik
pembeli merek lain yang bersaing dengan produk yang sedang
dipromosikan.
b. Bagi pengecer (Trade promotion), membujuk pengecer untuk menjual
barang produk baru, menimbun lebih banyak persediaan barang,
mengingatkan pembeli ketika sedang tidak musim, membujuk agar menimbun barang-barang dipromosikan dan memperoleh jalur pengecer
baru.
c. Bagi wiraniaga (sales force promotion), untuk memberi dukungan atau
produk atau produk baru, untuk merangsang mereka mencari pelanggan
baru dan mendorong penualan musim semi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar