Sabtu, 10 April 2021

Aspek–aspek Kepuasan Kerja (skripsi dan tesis)


Kendall dan Hullins, (1969) dalam Agus Dwi Nugroho dan
Kunartinah, (2012) mengemukakan pendapatnya sebagaimana dikutip oleh
Gibson, Ivanchevich dan Donelly, (1996) dalam Agus Dwi Nugroho dan
Kunartinah, (2012) bahwa faktor-faktor yang memiliki karakteristik
penting yang akan mempengaruhi kepuasan kerja antara lain :
1) Pembayaran (gaji/upah).
Gaji merupakan alat ukur kuantitatif terhadap usaha atau prestasi
yang telah diberikan karyawan terhadap perusahaannya. Hal ini
lebih dipersepsikan terhadap nilai keadilan berdasarkan permintaan
kerja, tingkat ketrampilan individu, standar pembayaran gaji dan
prestasi kerja.
2) Pekerjaan.
Karyawan memiliki kecenderungan mengerjakan pekerjaan yang
dapat memberikan peluang jenjang karier yang lebih tinggi.
3) Kesempatan Promosi.
Promosi diberikan sebagai penghargaan perusahaan/ institusi kepada
pegawainya dengan kriteria kinerja dan senioritas berdasarkan lama
waktu bekerja. Pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja
adalah apabila kinerja yang telah dihasilkan tidak mendapat
tanggapan serta tindak lanjut dari manajemen untuk diadakannya
promosi.
4) Penyelia.
Penyelia adalah salah satu pimpinan dalam perusahaan yang
menangani karyawan secara langsung. Menurut teori jalur tujuan,
atasan harus dapat meningkatkan jumlah dan jenis penghargaan yang
ada terhadap perusahaan. (Gibson, Ivancevich dan Donelly, 1996).
5) Rekan sekerja.
Pegawai sebagai manusia merupakan makhluk sosial dan makhluk
individu, sehingga pegawai/karyawan akan berkembang dalam
bekerja sama dengan orang lain.

Tidak ada komentar: