Senin, 06 April 2020

Elemen Kepuasan Konsumen (skripsi dan tesis)

Kepuasan/ ketidakpuasan konsumen merupakan respon emosional atau evaluasi terhadap pengalaman mengkonsumsi produk atau jasa. Selama proses tersebut, ada dimensi waktu yang mendasari, yang mana memiliki lima elemen penting, yaitu sebagai berikut (Wilkie, 1994) :
1.      Expectations
Sebelum melakukan pembelian, konsumen mengembangkan expectation (pengaharapan) atau keyakinan mengenai apa yang mereka harapkan dari suatu produk ketika mereka menggunakannya. Pengharapan ini akan dilanjutkan kepada fase pasca pembelian, ketika mereka aktif mengkonsumsi kembali produk tersebut.
2.      Performance
Selama mengkonsumsi suatu produk, konsumen menyadari kegunaan produk yang sebenarnya dan merasakan kinerja produk tersebut sebagai dimensi yang penting bagi konsumen.
 3.      Comparison
Setelah mengkonsumsi, terdapat adanya harapan pra-pembelian dan persepsi kinerja yang sebenarnya, dimana pada akhirnya konsumen akan membandingkan keduanya.
4.      Confirmation/ disconfirmation
Hasil dari perbandingan tersebut akan menghasilkan confirmation of expectation, yaitu ketika harapan dan hasil kinerjanya berada pada level yang sama, atau akan menghasilkan disconfirmation of expectation, yaitu jika hasil kinerja yang sebenarnya lebih baik atau kurang dari level yang diharapkan.
5.      Discrepancy
Discrepancy mengindikasikan adanya hasil level yang tidak sama antara level hasil kinerja dengan harapan. Untuk positive disconfirmations, yaitu ketika hasil kinerja produk lebih baik dari apa yang diharapkan. Kemudian negative disconfirmations, yaitu ketika hasil kinerja yang sebenarnya berada dibawah level yang diharapankan. Jika terjadi kesenjangan yang lebih luas lagi, maka akan mengakibatkan tingginya level ketidakpuasan.
            Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen terdiri dari lima elemen, yaitu Expectations, Performance, Comparison, Confirmation/ disconfirmation, dan Discrepancy.

Tidak ada komentar: