Tujuan utama dari penilaian performance adalah untuk memberikan
karyawan umpan balik terhadap performance, untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan karyawan, untuk membuat keputusan promosi dan penghargaan,
untuk membuat keputusan demosi dan pemberhentian, serta mengembangkan
informasi tentang seleksi organisasi dan keputusan penempatan (Nelson dan
Quick, 2000). Sulistyani dan Rosidah (2003: 225) mengatakan bahwa manfaat
penilaian performance bagi organisasi adalah untuk (1) penyesuaian-penyesuaian
kompensasi, (2) perbaikan performance, (3) kebutuhan latihan dan
pengembangan, (4) pengambilan kepitusan dalm hal penempatan promosi, mutasi,
pemecatan, pemberhentian dan perencanaan tenaga kerja, (5) untuk kepentingan
penelitian kepegawaian, dan (6) membantu diagnosis terhadap kesalahan desain
karyawan.
Selain itu, Siswanto (1999: 25) mengatakan bahwa penilaian performance
bertujuan untuk mengkomunikasikan tujuan-tujuan manajemen dan tujuan
karyawan, memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya,
mendistribusikan imbalan, dan untuk mengadakan penelitian mengenai
manajemen kinerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar