Jumat, 22 November 2019

Pengertian Pembelian Kompulsif (skripsi dan tesis)


Menurut O’Guinn dan Faber (1992 : 459) Pembelian kompulsif adalahpembelian yang kronis berulang-ulang yang menjadi respon utama dari suatukejadian atau perasaan yang negatif” sehingga pembelian kompulsif adalah satubentuk konsumsi yang merupakan perilaku konsumen abnormal yang dianggap sebagai sisi gelap konsumsi (Shiffman dan Kanuk, 2000 dalam Park dan Burn,2005) karena ketidakmampuan konsumen dalam mengendalikan dorongan hati Page 7 20yang kuat untuk selalu melakukan pembelian, dan terkadang mempunyaikonsekuensi yang berat. Menurut Lorrin Koran (dalam Raeni Dwi Santy, 2011:13), seorang GuruBesar Psikiatri dan Keperilakuan dari Stanford University, Pembeli kompulsifadalah konsumen yang cenderung suka membelanjakan uang untuk membelibarang meskipun barang tersebut tidak mereka butuhkan dan terkadang tidakmampu dibeli, dalam jumlah yang berlebihan (Hoyer dan MacInnis, 2001 dalamRaeni Dwi Santy, 2011:13), perilaku semacam ini disebut juga sebagaikeranjingan belanja (shopaholics).Menurut kutipan Horizon Surbakti (dalam e-journal uajay, 2009:14), Pembelian kompulsif merupakan proses pengulangan yang sering berlebihandalam berbelanja yang dikarenakan oleh rasa ketagihan, tertekan atau rasa bosan(Solomon, 2002:15) dan pembelanja kompulsif adalah seseorang yang tidak dapatmengendalikan atau mengatasi dorongan untuk membeli sesuatu. 

Tidak ada komentar: