pertarungan untuk superioritas, dan di dunia komersial arti kompetisi adalah
sebuah usaha untuk menyesuaikan bisnis di suatu pasar. Kompetisi juga bisa
diartikan sebagai proses persaingan bisnis antar perusahaan yang berjuang
mendapatkan pelanggan sepanjang waktu”.18 Tidak jauh berbeda, Januar dkk
mendefinisikan kompetisi sebagai “kondisi saling berjuang antara dua
individu atau beberapa kelompok untuk memperebutkan objek yang sama.”
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kompetisi merupakan proses
perjuangan perusahaan-perusahaan untuk memperebutkan objek yang sama
agar dapat menyesuaikan bisnisnya dan mencapai superioritas dalam suatu
pasar.
Berkaitan dengan kompetisi, terdapat dua jenis pasar, yaitu pasar
kompetisi sempurna dan pasar kompetisi tidak sempurna. Pasar kompetisisempurna, memiliki ciri adanya banyak penjual dan pembeli, serta harga yang
ditentukan oleh kekuatan pasar. Kondisi yang berlaku dalam pasar ini adalah
para pelaku pasar bebas untuk keluar atau masuk pasar, jenis barang
homogen, serta tidak adanya biaya transaksi maupun biaya transportasi.
Sementara itu, pasar kompetisi tidak sempurna merupakan semua jenis pasar
yang sifatnya berlawanan dengan kompetisi sempurna, yaitu monopoli dan
monopsoni, oligopoli, dan kompetisi monopolistik.
Dalam industri perbankan syariah, kompetisi yang terjadi bertujuan
untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya. Biasanya, persaingan
antar perbankan syariah terjadi melalui penentuan tingkat pengembalian
(return rate) baik dari sisi penghimpunan maupun penyaluran dana. Selain
itu, persaingan antar bank syariah juga dapat melalui promo, iklan, inovasi
produk dan layanan jasa yang diberikan serta teknologi yang digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar