Jumat, 04 Oktober 2024

Publisitas (Publicity)


Perusahaan-perusahaan mencoba untuk mengembangkan hubungan
masyarakat yang baik melalui komunikasi dengan masyarakat umum, termasuk
calon pelanggan serta dengan
Menurut Kasmir (2018: 160) “Publisitas merupakan kegiatan promosi untuk
memancing nasabah melalui kegiatan seperti pameran, bakti sosial, serta kegiatan
lainnya”.
Menurut Assauri (2018: 268):
“Publisitas merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk
secara nonpersonal dengan membuat, baik yang berupa berita yang bersifat
komersil tentang produk tersebut di dalam media tercetak atau tidak, maupun
hasil wawancara yang disiarkan dalam media tersebut”.
Menurut Madjukie (2018: 6): “Publisitas merupakan dorongan permintaan
secara non pribadi untuk suatu produk, jasa atau ide dengan menggunakan berita
komersial di dalam media massa dan sponsor tidak dibebani sejumlah bayaran
secara langsung”.
Berdasarkan pengertian publisitas di atas dapat disimpulkan bahwa publisitas
merupakan penyampaian informasi suatu produk perusahaan untuk menarik
nasabah baru dengan diadakannya kegiatan seperti pameran, bakti sosial, dan lain
sebagainya.
Menurut Kasmir (2018: 160) tujuan dari publisitas adalah agar nasabah
mengenal perusahaa lebih dekat. Dengan ikut kegiatan tersebut, nasabah akan selalu
mengingat bank tersebut dan diharapkan akan menarik nasabah lainnya. Kegiatan
publisitas dapat dilakukan melalui:

  1. Ikut pameran;
  2. Ikut kegiatan amal;
  3. Ikut bakti sosial;
  4. Sponsorship kegiatan

Tidak ada komentar: