Jumat, 04 Oktober 2024

Promosi Penjualan (Sales Promotion)


Promosi penjualan dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan penjualan
dengan menyelenggarakan berbagai pertemuan, pertunjukan, tester gratis atau
demonstrasi, perlombaan dan kemasan khusus atau limited edition.
Menurut Kasmir (2018: 159) “Promosi penjualan adalah untuk meningkatkan
penjualan atau untuk meningkatkan jumlah nasabah”.
Sedangkan Menurut Assauri (2018: 268) “Promosi Penjualan merupakan
kegiatan promosi untuk mengunggah atau menstimulasi pembelian, sehingga
merupakan usaha penjual khusus (special selling efforts)”.
Dan Menurut Kotler dan Armstrong (2019: 116) “Promosi penjualan yaitu
upaya perusahaan menarik perhatian konsumen pada produk yang dijual dengan
berbagai insentif jangka pendek untuk meningkatkan pembelian pada produk”.
Berdasarkan pengertian promosi penjualan diatas dapat disimpulkan bahwa
promosi penjualan merupakan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan dalam
mendapatkan nasabah baru dengan cara menawarkan secara langsung ke tempat
atau dengan menyelenggarakan sebuah pertemuan, pertunjukan, contohnya
demontrasi.
Menurut Kasmir (2018: 159) Promosi penjualan dapat dilakukan melalui
pemberian diskon, kontes, atau sampel produk. Dengan menggunakan alat tersebut
akan memberikan 3 manfaat bagi promosi penjualan, yaitu

Tidak ada komentar: