Jumat, 04 Oktober 2024

Proses penjualan pribadi (personal selling)


Menurut Dubinsky dan Rudelius dalam Dwyer (2010:153) proses personal
selling meliputi:

  1. Prospecting: tenaga penjual menggunakan berbagai sumber untuk
    mengidentifikasikan pembeli potensial untuk pelayanan dan produk mereka.
    Kategori sebagai pembeli potensial adalah yang berdasarkan kebutuhan atau
    keinginan, kemampuan daya beli, kewenangan dalam membeli, dan
    kelayakan.
  2. Pre-approach: pada tahap ini semua informasi dikumpulkan sebagai
    persiapan dalam melakukan komunikasi penjualan. Informasi digunakan
    sebagai bahan untuk tindaklanjut lebih jauh terkait persyaratan prospek dan
    mengembangkan pendekatan yang efektif dan presentasi kepada pelanggan.
  3. Approach: pada tahap ini meliputi menit pertama komunikasi yang
    dilakukan sales person merupakan momen yang krisis. Tujuan dari sales
    person adalah membuat kesan pertama yang bermakna dan memberikan
    pehatian kepada pelanggan dan ketertarikan untuk suatu presentasi.
  4. Sales presentation: pada tahap ini merupakan inti dari tahap penjualan dimana
    salesperson meberikan bentuk penawaran produk dan keuntungannya kepada
    pelanggan potensial. Hal ini untuk menimbulkan hasrat pelanggan potensial
    terhadap produk.
  5. Handling objection and overcoming resistance: pada tahap ini sales person
    menangani keberatan dan permasalahan dari pelanggan yang keberatan
    membeli dan lebih menekankan pada keuntungan produk guna mendorong
    keputusan pembelian terhadap produk.
  6. Closing: sales-person berinisiatif untuk terjadinya keputusan pembelian
    dengan menggunakan metoda komunikasi yang dirancang untuk mendorong
    keputusan. Melalui perilaku dan tata karma yang tepat, pelanggan diminta
    melakukan pembelian.
  7. Post-sale follow up: Sales person berlanjut melakukan komunikasi yang
    gunanya untuk kepuasan pelanggan setelah tahap pembelian. Kegiatan
    tersebut meliputi fase setelah pembelian, memastikan waktu pengiriman tepat,
    instalasi, tindak lanjut pelayanan secara periodik, melayani keluhan dan
    pertanyaan. Secara umum tujuan utamanya adalah dengan niat baik guna
    kesempatan penjualan di masa depan

Tidak ada komentar: