Jumat, 04 Oktober 2024

Promosi Penjualan”


Promosi penjualan adalah salah satu kegiatan promosi untuk
melakukan rangsangan kepada konsumen untuk melakukan pembelian
(Rangkuti, 2009).”“Menurut Kotler dan Amstrong (2003) promosi penjualan
adalah intensif jangka pendek untuk mendorong pembelian dan penjualan dari
produk atau jasa.Sedangkan menurut Alma (2009) menyatakan bahwa
promosi didefinisikan sebagai komunikasi yang memberi informasi kepada
calon konsumen mengenai suatu produk, yang dapat memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen.”“Selain itu Shimp (2004) mengatakan dalam
bukunya bahwa promosi (promotion) mengacu pada setiap insentif yang
digunakan oleh produsen untuk memicu transaksi(pedagang besar dan ritel)
dan/atau konsumen untuk membeli suatu merek serta mendorong tenaga
penjualan untuk secara agresif menjualnya.”
Tujuan promosi penjualan menurut Kotler (2006) penjualan bisa
menggunakan promosi pelanggan untuk mendorong pembelian pelanggan
jangka pendek atau meningkatkan hubungan pelanggan jangka panjang.untuk
tenaga penjualan.”“Menurut Kotler dan Armstrong (2006) tujuan promosi
yaitu mendapatkan lebih banyak dukungan tenaga penjualan bagi produk
lama atau baru atau dorongan wiraniaga mendapatkan pelanggan
baru.”“Promosi penjualan harus memperkuat posisi produk dan membangun
hubungan pelanggan jangka panjang.”“

Tidak ada komentar: