Jumat, 04 Oktober 2024

Penjualan Personal(Personal Selling)”


Penjualan personal menurut Kotler dan Armstrong (2006)
merupakan sarana paling efektif pada tahap tertentu dari proses
pembelian, terutama dalam pembangunan preferensi pembeli
keyakinan dan tindakan.”“Penjualan personal melibatkan interaksi
pribadi antara dua orang atau lebih sehingga masing-masing orang
dapat mengetahui kebutuhan dan karakteristik orang lain serta
membuat penilaian yang tepat.”“Sedangkan menurut Rangkuti
(2009) penjualan perseorangan ini merupakan alat promosi yang
berbeda dari periklanan karena penjualan perseorangan
menggunakan orang atau individu dalam pelaksanaannya.”“Dengan
demikian, komunikasi yang dilakukan seseorang secara individu
dapat lebih fleksibel dibanding alat-alat promosi lainnya.”“Hal ini
adalah karena terjadi interaksi personal langsung antara seorang
pembeli potensial dan seorang sales semen di mana sales dapat
mengetahui keinginan, motif,dan perilaku konsumen sekaligus dapat
melihat reaksi konsumen mengenai produk yang ditawarkan oleh
perusahaan.”
Rangkuti (2009) mengatakan alat komunikasi umum yang
digunakan para personal selling adalah presentasi penjualan,
pertemuan penjualan (gatbering),program intensif dan sampel
wiraniaga. Jenis wiraniaga penjualan dapat dibagi kedalam tiga
bagian, yaitu:”

  1. Retail selling, dimana tenaga penjual melakukan penjualan
    dengan jalan melayani konsumen yang datang ke toko atau
    perusahaan.”
  2. Field selling, dimana tenaga penjual melakukan penjualan di luar
    perusahaan, yaitu dengan mendatangi konsumen ke rumah-rumah,
    perusahaan, kantor, dan lain-lain.”
  3. Excecutif selling, di mana pimpinan perusahaan bertindak sebagai
    tenaga penjual yang melakukan penjualan

Tidak ada komentar: