Jumat, 04 Oktober 2024

Pengaruh promosi penjualan dan penjualan pribadi terhadap keputusan pembelian


Perusahaan membutuhkan komunikasi dengan pelanggannya yaitu dengan
cara melakukan promosi, semakin gencar perusahaan melakukan promosi maka
akan semakin dekat dibenak pelangganya. Oleh karena itu banyak perusahaan
yang berani mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk biaya promosi.
Kegiatan promosi yang dilakukan suatu perusahan ini bertujuan untuk menarik
minat pelanggan agar menjadi suatu keputusan bagi pelanggan untuk membeli
barang.
Kotler (2014: 174) mengemukakan bahwa konsumen juga dapat
membentuk niat untuk membeli produk favoritnya, tetapi mungkin terdapat dua
faktor antara niat beli dan keputusan pembelian, yaitu: 1. Posisi orang lain, yaitu
kemungkinan pembelian yang disebabkan oleh orang lain. 2. Pertimbangkan
situasi yang tidak terduga. Sebelum memasuki tahap promosi, ternyata konsumen
akan dipengaruhi oleh posisi orang lain dan keadaan yang tidak terduga saat
mengambil keputusan pembelian, namun kedua situasi tersebut dapat kembali
dipengaruhi oleh bauran promosi, sebagaimana Kotler (2014: 226) Sebagaimana
dijelaskan lagi, sebagai berikut: Alat promosi memiliki efektivitas biaya yang
berbeda pada berbagai tingkat kesiapan pembeli

Tidak ada komentar: