Jumat, 04 Oktober 2024

Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian


Promosi penjualan sangatlah penting dalam melakukan tindakan yang
segera dan spesifik. Promosi penjualan terdiri atas kumpulan alat alat insentif
jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari berbagai suatu
produk barang dan jasa (Kotler dan Amstrong, 2013:457). Meskipun promosi
dapat membantu membangun kesadaran atau sikap yang baik tentang produk,
penggunaannya terutama untuk hasil jangka pendek daripada jangka panjang.
Menurut Kotler (2014: 219), promosi adalah elemen inti dari kampanye
pemasaran, yang terdiri dari alat insentif kolektif, terutama jangka pendek yang
dirancang untuk merangsang pembelian produk yang lebih cepat atau lebih besar.
Promosi memiliki sifat komunikasi, motivasi dan undangan. Promosi komunikasi
mengacu pada kemampuan untuk memberikan informasi kepada pelanggan
tentang produk yang menimbulkan kekhawatiran. Sifat insentif berarti memberi
pelanggan insentif dan hak istimewa yang berarti. Di saat yang sama, banyaknya
undangan mengundang banyak orang untuk membeli produk tersebut.
Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian dipengaruhi
oleh masing-masing karakteristik dan pendapat dari setiap konsumen terhadap
produk yang ditawarkan dan pastinya membutuhkan suatu hal yang menarik
perhatian konsumen agar dapat langsung menentukan keputusan pembelian.
menurut (Tjiptono:2016) promosi penjualan adalah bentuk persuasi langsung
melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang
pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli
pelanggan.

Tidak ada komentar: