Jumat, 04 Oktober 2024

Pengaruh penjualan pribadi terhadap keputusan pembelian


Tenaga penjual melakukan presentasi dan demonstrasi lisan untuk
memberikan edukasi / pengetahuan kepada konsumen tentang produk yang
mereka sediakan, sehingga mereka tertarik dengan keputusan untuk membeli
produk tersebut. Assauri (2014: 278) meyakini bahwa jual beli individu akan
berdampak langsung pada pertemuan tatap muka antara pembeli dan penjual.
Dalam pertemuan tatap muka tersebut, jual beli individu dapat menyampaikan
fakta-fakta yang diperlukan yang mempengaruhi keputusan pembelian atau
menggunakan faktor psikologis untuk membujuk dan memberikan keberanian.
Tujuannya agar transaksi penjualan bisa dilakukan.
Dalam konteks hubungannya dengan keputusan konsumen, efektifitas dari
strategi pemasaran dapat ditunjukkan dengan kemampuannya mempengaruhi dan
merubah aktivitas konsumen untuk mencapai apa yang menjadi sasaran dari
strategi pemasaran. Personal selling merupakan bagian dari strategi pemasaran
yang diarahkan untuk mempengaruhi perilaku konsumen terutama dalam
pengambilan keputusan. Oleh karena itu, dengan personal selling diharapkan
calon pembeli dapat mengenal lebih banyak tentang produk yang dihasilkan oleh
perusahaan dan pada akhirnya dapat menimbulkan ketertarikan akan produk yang
ditawarkan oleh perusahan. Semakin tinggi kunjungan yang dilakukan oleh
penjual kepada konsumen, maka semakin tinggi kemungkinan produk yang
terjual. Dalam hal ini kemampuan tenaga penjual juga sangat menentukan
terjadinya transaksi penjualan

Tidak ada komentar: