Jumat, 04 Oktober 2024

Macam Promosi


Untuk menentukan promosi mana yang akan digunakan, untuk itu perlu
mengetahui adanya macam-macam bentuk promosi, menurut Kotler dan Armstrong
(Kotler & Armstrong, 2008), macam promosi ada 4 macam:
1) Iklan
Periklanan merupakan bentuk presentasi dan promosi non pribadi
tentang ide, barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu
(Hermawan, 2012). Komunikasi yang dilakukan oleh sponsor bersifat
masal karena menggunakan media massa.
2) Personal Selling (Penjualan Perseorangan)
Personal selling terjadi interaksi saling bertemu muka antara pembeli
dan penjual, sehingga penjual memperoleh tanggapan sebagai umpan
balik tentang keinginan dan kesukaan (Hermawan, 2012).
3) Promosi Penjualan
Promosi penjualan merupakan bentuk promosi yang terdiri dari alat
promosi yang beraneka macam. Alat tersebut dirancang untuk
merespon pasar secara lebih cepat, lebih kuat, dengan memberikan
kupon, door price, discount serta bonus dan sebagainya (Kotler &
Keller, 2009).
4) Publikasi
Publikasi merupakan bagian dari fungsi yang lebih luas, disebut
hubungan masyarakat dan meliputi usaha-usaha menciptakan dan
mempertahankan hubungan dan menguntungkan antara organsisasi
dengan masyarakat (Kotler & Armstrong, 2008)

Tidak ada komentar: