Jumat, 04 Oktober 2024

Definisi Promosi


Meskipun menggunakan istilah "promosi", tetapi pengertian dari
"promosi penjualan" itu berbeda dengan "promosi" itu sendiri. Bahwa promosi
merupakan istilah yang menggambarkan suatu bidang yang luas, sedangkan
promosi penjualan hanya merupakan satu bagian saja dari promosi. Demikian
pula, jika dibandingkan dengan periklanan, promosi penjualan juga memiliki
perbedaan. Jika periklanan, dilaksanakan dengan suatu media yang memiliki dan
diawasi oleh badan lain. Sedangkan promosi penjualan mencoba untuk memasuki
dan membujuk konsumen dengan alat serta metode yang diawasi oleh perusahaan
itu sendiri. Jadi, secara luas fungsi promosi penjualan adalah menghubungkan
antara periklanan, personal selling dan alat promosi yang lain, juga melengkapi
dan mengkoordinir beberapa bidang tersebut.
Definisi promosi menurut Swastha (Swastha & Irawan, 1999), diartikan
sebagai berikut:
"Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat
untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang
menciptakan pertukaran dalam pemasaran."
Sedangkan, menurut Kotler (Kotler, 2006), promosi adalah kegiatan-
kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan kebaikan
produknya dan membujuk para pelanggan dan konsumen sasaran untuk membeli
produk itu. Promosi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi
konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh
perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalumembeli
produk tersebut (Gitosudarmo, 2000)

Tidak ada komentar: