Tanggung jawab sosial perusahaan dalam beberapa dekade terakhir telah
banyak dilakukan oleh perusahaan. Khususnya perusahaan besar yang mementingkan
keberlangsungan secara jangka panjang perusahaannya. Bentuk kegiatan tanggung
jawab sosial perusahaan bermacam-macam seperti membentuk community
development, charity event, atau kegiatan lainnya yang bersifat sosial. Menurut
Wibisono (2007) peranan tanggung jawab sosial adalah sebagai berikut:
- Brand Differentiation
Yaitu pemberian citra yang khas serta baik agar dapat meningkatkan customer
loyalty dan bersaing secara sehat dalam pasar yang kompetitif. - Human Resources
Program tanggung jawab sosial perusahaan dapat membantu dalam proses perekrutan
karyawan baru. Saat interview, calon karyawan yang memiliki pendidikan dan
pengalaman tinggi untuk lebih krirtis bertanya apa saja program tanggung jawab
sosial yang dijalankan. Sedangkan untuk pegawai lama, dapat meningkatkan
reputasi, persepsi, dan dedikasi dalam bekerja. - Licence to Operate
Perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan dapat mendorong
pemerintah dan publik memberi izin bisnis. Karena dianggap telah memenuhi standar
operasi dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat secara luas. - Risk Management
Manajemen risiko merupakan isu sentral bagi setiap perusahaan, reputasi yang telah
dibangun selama bertahun-tahun dapat runtuh dalam sekejap hanya karena adanya
KKN, kecelakaan kerja, dan pengerusakan lingkungan. Maka dari itu perlu
ditanamkannya “do the right thing”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar