Rabu, 17 April 2024

Peranan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


Tanggung jawab sosial perusahaan dalam beberapa dekade terakhir telah
banyak dilakukan oleh perusahaan. Khususnya perusahaan besar yang mementingkan
keberlangsungan secara jangka panjang perusahaannya. Bentuk kegiatan tanggung
jawab sosial perusahaan bermacam-macam seperti membentuk community
development, charity event, atau kegiatan lainnya yang bersifat sosial. Menurut
Wibisono (2007) peranan tanggung jawab sosial adalah sebagai berikut:

  1. Brand Differentiation
    Yaitu pemberian citra yang khas serta baik agar dapat meningkatkan customer
    loyalty dan bersaing secara sehat dalam pasar yang kompetitif.
  2. Human Resources
    Program tanggung jawab sosial perusahaan dapat membantu dalam proses perekrutan
    karyawan baru. Saat interview, calon karyawan yang memiliki pendidikan dan
    pengalaman tinggi untuk lebih krirtis bertanya apa saja program tanggung jawab
    sosial yang dijalankan. Sedangkan untuk pegawai lama, dapat meningkatkan
    reputasi, persepsi, dan dedikasi dalam bekerja.
  3. Licence to Operate
    Perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan dapat mendorong
    pemerintah dan publik memberi izin bisnis. Karena dianggap telah memenuhi standar
    operasi dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat secara luas.
  4. Risk Management
    Manajemen risiko merupakan isu sentral bagi setiap perusahaan, reputasi yang telah
    dibangun selama bertahun-tahun dapat runtuh dalam sekejap hanya karena adanya
    KKN, kecelakaan kerja, dan pengerusakan lingkungan. Maka dari itu perlu
    ditanamkannya “do the right thing”

Tidak ada komentar: