Sabtu, 20 April 2024

Peranan Dalam Keputusan Pembelian


Berikut ini terdapat lima peranan dalam pembelian adalah sebagai berikut
(Tjiptono, 2008):

  1. Initiator (pemrakarsa) merupakan individu yang memunculkan dan menciptakan ide
    pertama kali untuk membeli produk dan layanan.
  2. Influencer (memberi pengaruh) merupakan individu yang menyampaikan
    pandangan, nasihat, atau pendapatnya dan sangat memengaruhi dalam pengambilan
    keputusan pembelian.
  3. Decider (pengambil keputusan), setiap orang yang harus bisa menentukan
    menentukan keputusan pembelian, misalnya apakah jadi atau tidaknya membeli, apa
    yang dibeli, bagaimana cara membeli, atau di mana belinya.
  4. Buyer (pembeli), individu yang melaksanakan pembelian ketika sudah menentukan
    sikap dalam pengambilan keputusan.
  5. User (pemakai), merupakan individu pengguna dalam menggunakan produk atau
    jasa

Tidak ada komentar: