Sabtu, 20 April 2024

Proses Pengambilan Keputusan Pembelian


Berikut ini merupakan tahap-tahap dalam langkah pengambilan keputusan
pembelian menurut (Kotler dan Keller, 2016) adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan masalah dimulai dengan calon konsumen mengetahui adanya masalah
    dan kebutuhan. Kebutuhan itu dapat oleh tindakan rangsangan dari internal atau dari
    external pembeli.
  2. Pencarian informasi diawali ketika konsumen merasa atas kebutuhannya selalu
    didorong untuk melakukan pencarian informasi tentang produk dan jasa yang
    konsumen inginkan, mereka dapat mencari informasi dan memperoleh informasi
    dari berbagai macam sumber yang ada, seperti:
    a. Sumber internal yaitu berasal dari kerabat, teman, dan tetangga
    b. Sumber komersial yaitu berasal dari iklan produk, kemasan, dan penjual
    c. Sumber terbuka yaitu berasal dari media dan organisasi
    d. Sumber pengalaman yaitu berasal dari pengalaman dalam menggunakan
    produk tersebut sebelumnya.
  3. Evaluasi alternatif dalam proses ini tahap ini konsumen diarahkan kepada beberapa
    produk yang diinginkan, kemudian konsumen melakukan evaluasi terhadap produk
    mana yang akan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan.
  4. Keputusan pembelian pada proses ini ketika konsumen benar-benar memutuskan
    untuk memilih dan membeli produk yang diinginkan, tetapi ada dua faktor yang
    memengaruhi pada saat memilih, yaitu sikap pada orang lain dan kejelekan suatu
    produk.
  5. Perilaku pasca pembelian pada tahap ini konsumen akan merasa puas atau tidak puas
    dari produk yang mereka pilih, dalam tahap ini akan menentukan konsumen dalam
    pembelian ulang.

Tidak ada komentar: