Berikut ini merupakan tahap-tahap dalam langkah pengambilan keputusan
pembelian menurut (Kotler dan Keller, 2016) adalah sebagai berikut:
- Pengenalan masalah dimulai dengan calon konsumen mengetahui adanya masalah
dan kebutuhan. Kebutuhan itu dapat oleh tindakan rangsangan dari internal atau dari
external pembeli. - Pencarian informasi diawali ketika konsumen merasa atas kebutuhannya selalu
didorong untuk melakukan pencarian informasi tentang produk dan jasa yang
konsumen inginkan, mereka dapat mencari informasi dan memperoleh informasi
dari berbagai macam sumber yang ada, seperti:
a. Sumber internal yaitu berasal dari kerabat, teman, dan tetangga
b. Sumber komersial yaitu berasal dari iklan produk, kemasan, dan penjual
c. Sumber terbuka yaitu berasal dari media dan organisasi
d. Sumber pengalaman yaitu berasal dari pengalaman dalam menggunakan
produk tersebut sebelumnya. - Evaluasi alternatif dalam proses ini tahap ini konsumen diarahkan kepada beberapa
produk yang diinginkan, kemudian konsumen melakukan evaluasi terhadap produk
mana yang akan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan. - Keputusan pembelian pada proses ini ketika konsumen benar-benar memutuskan
untuk memilih dan membeli produk yang diinginkan, tetapi ada dua faktor yang
memengaruhi pada saat memilih, yaitu sikap pada orang lain dan kejelekan suatu
produk. - Perilaku pasca pembelian pada tahap ini konsumen akan merasa puas atau tidak puas
dari produk yang mereka pilih, dalam tahap ini akan menentukan konsumen dalam
pembelian ulang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar