Jumat, 07 Juli 2023

Pengertian Inovasi Produk


Bilamana suatu perusahaan menghadapi lingkungan bisnis yang
mempunyai persaingan yang sangat tinggi, maka perusahaan tersebut harus
mempunyai kemampuan untuk melakukan inovasi untuk memperbaiki kualitas
(Han 1998 pada jurnal Mohammad Yusak 2013).
Menurut Kotler (2007:36) dalam jurnal Digo Bagus Mantra (2014)
menyatakan:
“Inovasi produk adalah gabungan dari berbagai macam proses yang
mempengaruhi antara yang satu dengan yang lain”.
Menurut Barker dalam jurnal Sitinjak dan Angeline (2011):
“Inovasi berarti membuat baru atau membuat suatu proses
penciptaan yang baru. Inovasi adalah proses pengenalan produk-
produk baru, metode dimana produk-produk baru diciptakan dan
menciptakan sumber- sumber kepuasan pelanggan yang baru”.
Inovasi merupakan bagian dari kerangka kerja yang menghubungkan
aspek budaya perusahaan dengan kemampuan berinovasi serta meningkatkan
kinerja perusahaan melalui keputusan membeli konsumen. Dari pemikiran di atas
dengan adanya inovasi produk yang dilakukan perusahaan, diharapkan dapat
meningkatkan keputusan membeli. Hal tersebut juga didukung oleh Tamamudin
(2012:289) yang menunjukkan bahwa semakin tinggi inovasi produk yang
dilakukan perusahaan maka akan meningkatkan kinerja perusahaan melalui
peningkatan keputusan membeli.Pengertian Inovasi Produk
Bilamana suatu perusahaan menghadapi lingkungan bisnis yang
mempunyai persaingan yang sangat tinggi, maka perusahaan tersebut harus
mempunyai kemampuan untuk melakukan inovasi untuk memperbaiki kualitas
(Han 1998 pada jurnal Mohammad Yusak 2013).
Menurut Kotler (2007:36) dalam jurnal Digo Bagus Mantra (2014)
menyatakan:
“Inovasi produk adalah gabungan dari berbagai macam proses yang
mempengaruhi antara yang satu dengan yang lain”.
Menurut Barker dalam jurnal Sitinjak dan Angeline (2011):
“Inovasi berarti membuat baru atau membuat suatu proses
penciptaan yang baru. Inovasi adalah proses pengenalan produk-
produk baru, metode dimana produk-produk baru diciptakan dan
menciptakan sumber- sumber kepuasan pelanggan yang baru”.
Inovasi merupakan bagian dari kerangka kerja yang menghubungkan
aspek budaya perusahaan dengan kemampuan berinovasi serta meningkatkan
kinerja perusahaan melalui keputusan membeli konsumen. Dari pemikiran di atas
dengan adanya inovasi produk yang dilakukan perusahaan, diharapkan dapat
meningkatkan keputusan membeli. Hal tersebut juga didukung oleh Tamamudin
(2012:289) yang menunjukkan bahwa semakin tinggi inovasi produk yang
dilakukan perusahaan maka akan meningkatkan kinerja perusahaan melalui
peningkatan keputusan membeli.

Tidak ada komentar: